Menhub ke Jogja, Ratusan Driver Online Demo

11 Maret 2018 12:52 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Para driver mengaku kecewa terhadap Menteri Perhubungan

Harianjogja.com, JOGJA-Ratusan driver online berunjuk rasa di Jalan KS. Tubun, Ngampilan, Minggu (11/3/2018) siang. Demo digelar karena kecewa pada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang memberlakukan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No.108/2017.

Permenhub tersebut mengatur tentang Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Tidak dalam Trayek, yang dikeluarkan pada November 2017 lalu. Para driver online menilai permenhub tersebut pemberlakukannya ditunda ketika mereka menggelar pertemuan di Istana pada Februari lalu.

Namun, belakangan Menhub menyatakan akan membatasi kuota taksi online dan memproses SIM A Umum. "Kami ke sini ingin menyaksikan langsung kebohongan Menteri Perhubungan," ujar Koordinator Front Indonesia, wadah perjuangan driver online DIY, Sabar Gimbal di sela-sela aksi.

Sabar menilai, pemerintah salah mengartikan soal perusahaan transportasi berbasis online. Menurut dia, yang diatur seharusnya adalah pengelola aplikasinya, bukan driver. Pasalnya, driver yang mengikuti aplikasi.

Semestinya, kata dia, pemerintah membuat badan independen yang mengatur berbagai kepentingan dalam perusahaan transportasi online. "Pemerintah gagal dalam mendefinisikan angkutan online," kata dia.