Warga Pentingsari Dapat Pelatihan Hidroponik

11 Maret 2018 06:20 WIB Sleman Share :

Warga juga diberikan pengobatan gratis

Harianjogja.com, SLEMAN-Warga Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan mendapatkan pengobatan gratis, pelatihan tanaman hidroponik, dan membuat kue pia.

Kepala Pengembangan Bisnis Cabang (KPBC) BCA Jogja Wahyu Hariatmanto menjelaskan, pengenalan dan pelatihan pembudidayaan tanaman dengan teknik hidroponik diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi masyarakat. "Kami ingin pelatihan ini bisa meningkatkan perekonomian warga," katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (8/3/2018).

Selain edukasi hidroponik, pihaknya juga memberikan pelatihan membuat kue pia yang diikuti 80 peserta. Pihaknya juga memberikan pengobatan gratis untuk 300 warga Pentingsari.

Hidroponik merupakan sistem budidaya tanaman dengan memanfaatkan lahan yang terbatas. Teknik ini telah dikembangkan di berbagai negara karena dianggap memberikan manfaat lebih terutama untuk jenis-jenis tanaman yang membutuhkan kontrol besar dalam hal kebutuhan nutrisi dan perlindungan terhadap bakteri dan hama.

“Kami mendukung pelatihan hidroponik ini. Selain untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat bisa mengembangkan kewirausahaan berbasis agro," kata Kepala Dusun Pentingsari Rejo Mulyono.