Rumah Warga di Imogiri Nyaris Terbakar

13 Maret 2018 17:40 WIB Rheisnayu Cyntara Bantul Share :

Korsleting, kabel terbakar dan putus.

Harianjogja.com, BANTUL--Diduga akibat hubungan pendek arus listrik, kabel listrik di Dusun Dengkeng RT 04, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri terbakar hingga putus. Saat dua mobil pemadam kebakaran dikerahkan menuju lokasi kejadian, api sudah padam.

Salah satu anggota Damkar Bantul, Yohanes Widyatmoko menuturkan kabel listrik tersebut berada tepat di atas rumah warga yang berkanopi. Kanopi yang terbuat dari seng tersebut diduga menjadi penyebab awal korsleting. Yohanes menduga hal itu terjadi saat kabel tertiup angin dan berkali-kali menggesek kanopi yang terbuat dari seng. Akibatnya percikan api pun terjadi dan lama kelamaan membakar kabel. "Untungnya travo berfungsi dengan baik. Jadi api tidak sempat merambat ke mana mana," ucapnya kepada Harianjogja.com, Selasa (13/3/2018).

Yohanes menambahkan saat dua mobil damkar sampai di lokasi, api sudah padam. Sehingga pihak damkar hanya datang untuk menelusuri asal mula terjadinya api pertama kali dan melaporkannya ke pihak PLN. Itu untuk memastikan jaringan listrik yang terbuka tersebut segera diperbaiki dan tidak membahayakan warga.

Namun demikian Yohanes mengapresiasi kesigapan warga untuk segera melaporkan kejadian tersebut pada damkar. Meskipun sudah ada pos damkar di Desa Wukirsari, ia menjelaskan tetap ada satu mobil tambahan yang diberangkatkan dari mako damkar pusat.