Jumlah Kendaraan Masuk Gunungkidul Meningkat selama Libur Nyepi

18 Maret 2018 20:20 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Memasuki liburan hari raya Nyepi, volume kendaraan meningkat di beberapa ruas jalan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Memasuki liburan hari raya Nyepi, volume kendaraan meningkat di beberapa ruas jalan di Gunungkidul. Kenaikan volume kendaraan tersebut terutama dapat dilihat arah menuju tempat wisata.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Gunungkidul, Syarief Armunanto mengatakan kenaikan volume kendaraan dapat dilihat terutama pada arah ke selatan. “Ada kenaikan volume kendaraan, ke arah pantai terutama lebih padat dibanding hari biasa,” katanya, Sabtu (17/3/2018).

Namun dia mengatakan arus kendaraan masih cenderung lancar, dan tidak ada belum dilakukan rekayasa lalu lintas, untuk mengurai kemacetan yang biasa dilakukan saat kemacetan terjadi.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar), Gunungkidul, Hary Sukmono, mengatakan Libur Hari Raya Nyepi yang juga jatuh diakhir pekan tidak akan berdampak banyak pada jumlah kunjungan wisatawan. “Sepertinya tidak akan begitu pengaruh, kami juga tidak menarget kunjungan wisatawan liburan ini,” kata Hary.

Dia memperkirakan kunjungan akan seperti akhir pekan biasanya, sejumlah 25.000an wisatawan. Pantai juga dinilai masih jadi tujuan utama para wisatawan itu menurut Hary. Padahal menurutnya banyak juga potensi lain selain wisata pantai.

“Kalau berdasar data memang masih banyak yang ke Selatan, atau wilayah pantai. Tetapi ada trend menggemberikan tumbh pergerakan wisata di daerah Utara, seperti Nglanggeran, wisata-wisata di Gedangsari,” ujarnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Pantai Baron, Edi Supomo, mengatakan, untuk setiap musim liburan dinilainya memang sangat signifikan jumlah kunjungan wisatawan, baik dari DIY maupun luar, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah.

“Jika hari biasa sekitar 700 pengunjung mungkin, kalau masuk musim liburan di Pantai Baron bisa mencapai 5.000 pengunjung. Selain memang disini daya Tarik utamanya nelayan dan ikan segar, juga dirasa enak untuk bermain air untuk anak-anak,” katanya.