Nelayan Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi

22 Maret 2018 18:55 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Nelayan untuk sementara sebaiknya tidak usah melaut dan wisatawan tidak mandi di laut sampai tinggi gelombang laut kondusif

Harianjogja.com, SLEMAN-Saat ini, Siklon Tropis Marcus berada di Samudra Hindia sebelah barat daya Bali atau sekitar 710 km selatan-barat daya Denpasar.

Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Jogja Djoko Budiyono menjelaskan, aktivitas TC Marcus yang bergerak ke barat daya dengan kecepatan 28 km per jam memiliki kecepatan angin maksimum di sekitar pusatnya 205 km per jam. Kondisi ini berdampak pada peningkatan kecepatan angin hingga lebih dari 35 km per jam dan peningkatan tinggi gelombang laut di pesisir selatan DIY.

http://m.harianjogja.com/?p=905062">Baca juga : Dampak Siklon Tropis Marcus di DIY Tak Signifikan

"Kemarin tinggi gelombang laut antara 2-3,5 meter, hari ini antara 2-5 meter. Besok gelombang laut mulai menurun antara 2-4 meter. Hingga tiga hari ke depan ketinggiannya akan berada antara 2,5-3,5 meter," paparnya kepada Harianjogja.com, Kamis (22/3/2018).

Dia berharap para nelayan ataupun wisatawan mewaspadai peningkatan tinggi gelombang laut. "Masyarakat yang beraktivitas di sekitar pantai, nelayan di laut, dan wisatawan di pantai selatan kami harapkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Nelayan untuk sementara sebaiknya tidak usah melaut dan wisatawan tidak mandi di laut sampai tinggi gelombang laut kondusif," ujarnya.