Rayakan Paskah, Sekolah Kalam Kudus Gelar Vacation Bible School

Pembukaan acara VBS pada perayaan Paskah 2018 yang dilaksanakan Sekolah Kristen Kalam Kudus (SKKK) beberapa waktu lalu. (Dok Ist)
31 Maret 2018 19:37 WIB Bhekti Suryani Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Paskah merupakan salah satu hari raya yang penting bagi umat kristiani. Selain merupakan perayaan  tradisi, di hari Paskah juga merupakan hari yang mengingatkan pada seluruh umat kristiani tentang pembuktian kebenaran dalam alkitab, di mana Tuhan Yesus Kristus bangkit dari kematian guna menebus dosa seluruh umat manusia.

Dalam merayakan Paskah tahun ini, Sekolah Kristen Kalam Kudus (SKKK) mengadakan acara Vacation Bible School (VBS), pada 19-23 Maret, untuk unit KB-TK dan 26-28 Maret untuk unit SD. Program VBS sendiri merupakan program unggulan dari SKKK, yaitu program yang mendukung kerohanian anak, yang mana sudah dilaksanakan sejak empat tahun yang silam.

Tema yang diangkat dalam VBS tahun ini adalah Game On.  "Tema ini menekankan pada kebaikan Tuhan Yesus yang telah mengaruniakan semua yang kita butuhkan. Tuhan ingin keimanan kita semakin bertumbuh, seperti seorang atlet dalam suatu pertandingan, yang harus mau berlatih dengan sungguh-sungguh, saling mendukung dan memberikan semangat agar dapat mencapai garis akhir dengan hasil gemilang," ujar Elizabeth Pradipta selaku Tim Promosi SKKK melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (31/3/2018).

Pembukaan acara setiap harinya dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pengucapan ikrar setia kepada bendera Indonesia, bendera Kristen dan  kepada alkitab. Kegiatan VBS terdiri dari beberapa station yaitu : Mission Station, dimana anak belajar mengenai pelayanan ke tempat lain dan berdoa bagi negara serta berbagi dengan anak-anak di tempat lain, antara lain dengan cara menyumbangkan sebagian mainan bertema olahraga yang mereka miliki, bagi anak-anak unit  KB-TK dan air mineral, bagi anak-anak unit SD. Art & Craft Station, anak berkreasi dengan kreatif dalam membentuk beberapa karya sesuai tema. Music Station, anak melakukan permainan dengan diiringi lagu-lagu pengantar VBS. Bible Staton, anak mendengarkan dan memahami pengajaran isi alkitab. Recreation Station, dimana anak belajar mengenai bagaimana harus berusaha sungguh-sungguh agar dapat mencapai hasil yang baik, melalui beberapa permainan motorik. Serta Snack Station, dimana anak-anak dapat berkreasi dan menikmati kudapan sehat.

 Acara VBS tiap unit ditutup dengan perayaan Paskah  bersama . Untuk unit KB-TK, para orang tua murid diundang untuk ikut hadir merayakan acara tersebut.  SKKK juga megundang pendeta Sundoyo dari GKJ Brayat Kinasih Jogja, sebagai pembicara.  Selain bercerita tentang firman Tuhan, beliau juga mengajak para orang tua untuk berdoa secara khusus bagi anak mereka masing-masing, untuk masa depan mereka agar dapat memberkati banyak orang lewat pekerjaan mereka kelak.

Acara diakhiri dengan foto bersama yang dilakukan dengan semangat dan antusias serta penyerahan bantuan kasih kepada beberapa sekolah, yaitu TKK Tunas Mulia, jl Cokrowijayan , TKK Bina Kasih di Wonosari , Sekolah Minggu Isa Almasih, Ngentak dan bantuan air mineral kepada seluruh official dan peserta O2SN 2018 Jogja Barat, cabang olahraga badminton, sepak takraw, pencak silat, voli, atletik dan mini football. "Maju terus di dalam Tuhan anak-anak SKKK. “Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda” Mazmur 127 : 4 ," kata Elizabeth mengutip ayat dalam alkitab. (*)