Advertisement

Transaksi di Pasar Ikan Gawok Merosot

Beny Prasetya
Minggu, 01 April 2018 - 17:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Transaksi di Pasar Ikan Gawok Merosot Kondisi Pasar Ikan Gawok (PIGa) Kulonprogo yang sepi pembeli (Beny Prasetya - Harian Jogja)

Advertisement


Harianjogja.com,KULONPROGO—Setelah direnovasi, Pasar Ikan Gawok (PIGa) Kulonprogo justru mengalami penurunan jumlah pembeli.  Setiap hari, PIGa hanya didatangi dua hingga empat pembeli. Jumlah ini sangat jauh berbeda dengan kondisi sebelum pasar direnovasi.
Renovasi PIGa berlangsung September hingga Desember 2017 menggunakan anggaran sebesar Rp1,3 miliar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Saat ini PIGa memiliki fasilitas musala, kolam ikan, dan restoran. Perbaikan juga dilakukan di kantor pengelola dan kolam penampungan ikan.
Pengelola PIGa, Suryani, menyatakan pascarenovasi, jumlah pembeli justru merosot. Saat ini setiap hari PIGa hanya didatangi dua hingga empat orang pembeli.  "Hari ini yang datang untuk membeli ikan hanya dua orang, satu orang dari Kulonprogo dan satu lagi warga Kabupaten Purworejo," kata Suryani, Minggu (1/4)
Menurut Suryani, sebelum direvonasi, setiap hari pedagang di PIGa biasa melayani belasan hingga puluhan pembeli. "Saat renovasi berlangsung, konsumen yang biasa datang pindah membeli ke tempat lain. Mungkin mereka belum tahu kalau renovasi sudah selesai sehingga harus disosialisasikan lagi," katanya.
Salah seorang pemasok ikan, Subadi, warga Dusun Nepi, Desa Kranggan, Kecamatan Galur, membenarkan jika pascarenovasi jumlah transaksi di PIGa justru menurun. Namun menurutnya hal itu lumrah terjadi, dan membutuhkan waktu untuk memulihkan kondisi pasar seperti sebelumnya. "Dari Januari ke Maret ini permintaan mulai meningkat, khususnya untuk ikan gurami dan lele. Pada Maret kemarin, saya bisa menyetor hingga 15 kali ke PIGs," katanya, Minggu.



Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Data Pembeli LPG 3 Kilogram Capai 41,8 Juta

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement