Advertisement

300 LPJU Bakal Dipasang di Gunungkidul

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 18 April 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
300 LPJU Bakal Dipasang di Gunungkidul Ilustrasi Perawatan Lampu Penerangan Jalan Umum - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Sebanyak 300 unit lampu penerangan jalan umum (LPJU) bakal dipasang oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul. Hal itu khususnya ditujukan untuk mendukung pariwisata di kawasan pantai.

Kepala Dishub Gunungkidul, Syarief Armunanto mengatakan saat ini sedang proses lelang di kementrian. “Untuk pemasangannya dimungkingkan Mei atau Juli, target kami mulai dari daerah Mulo sampai Pantai Indrayanti atau Pantai Sundak,” ujarnya Rabu (18/4/2018).

Advertisement

Syarief mengatakan setidaknya saat ini ada sekitar 12.000 LPJU yang ada di Gunungkidul, yang terbagi, kewenangan pusat yang menyangkut LPJU di jalan nasional sejumlah 1.000, kewenangan provinsi 2.000, dan kewenangan Kabupaten 9.000.

Setiap tahun, kata dia, sekitar 100 yang dianggarkan oleh Kabupaten. Jumlah tersebut biasanya menyesuaikan kebutuhan masing-masing kecamatan, dan anggaran yang ada.

“Kami ada setiap tahun Musrenbang, pada saat itu kami merangkul usulan masing-masing kecamatan. Pasti kita akomodir, tapi ya itu tadi nanti kewenangan apakah di kami [Pemkab], atau provinsi, atau Pusat, tetapi pada dasarnya kami komunikasikan juga,” ucapnya.

Menurutnya saat ini yang masih menjadi kendala terkait minimnya sumber daya manusia (SDM) yang ada untuk perawatan LPJU tersebut. Dia mengatakan pihaknya hanya memiliki satu tim yang terdiri dari lima orang, dan juga fasilitas kendaraan pendukung yang minim.

“Saat ini minimnya personel, dan fasilitas terkadang masih menjadi kendala. Saya akan coba untuk usulan penambahan [personel]. Untuk membenahi aliran listrik atau LPJU itu kan juga tidak mudah. Baru dibenahi terkadang langsung rusak lagi,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement