Advertisement

2 Penambang Lereng Merapi Tertimbun, 1 Tewas

Fahmi Ahmad Burhan
Sabtu, 12 Mei 2018 - 22:54 WIB
Kusnul Isti Qomah
2 Penambang Lereng Merapi Tertimbun, 1 Tewas Ilustrasi kecelakaan tambang lereng Merapi. - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Dua penambang di Kali Boyong, Dusun Balong Bulus, Desa Candibinangun, Pakem, Sleman tertimbun pasir setelah tebing setinggi dua meter roboh. Salah satu dari penambang meninggal saat kejadian pada (12/5/2018).

Kapolsek Pakem Kompol Haryanta membenarkan pada pukul 11.30 WIB di Dusun Balong Bulus, Desa Candibinangun, Pakem ada dua penambang tertimbun pasir. "Saat keduanya menambang pasir, tebing tiba-tiba runtuh, salah satunya bisa menghindar, satunya meninggal," katanya saat dihubungi Harian Jogja (12/5/2018).

Advertisement

Menurut Haryanta tambang tersebut dioperasikan secara manual oleh kedua penambang.

Korban meninggal yaitu Marjuki (35), sedangkan korban selamat yang menderita patah tulang yaitu Seniman (40). Keduanya merupakan warga Desa Donoharjo, Ngaglik.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, kepala desa di wilayah yang ada operasi penambangan harus lebih serius manangani penambangan. "Jangan sampai sudah terjadi berkali-kali kecelakaan dan menimbulkan korban," ucap Sri Purnomo.

Menurut Sri Purnomo masih banyak penambang yang beroperasi di sekitar Gunung Merapi yang tidak mempunyai izin. "Para penambang tersebut juga melalukan aktivitas tambang secara diam-diam," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement