Advertisement

Memasuki Ramadan, Masyarakat Gunungkidul Diimbau Teliti dalam Memilih Makanan

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 20 Mei 2018 - 16:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Memasuki Ramadan, Masyarakat Gunungkidul Diimbau Teliti dalam Memilih Makanan Ilustrasi pemeriksaan makanan di pasaran. - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan selama Ramadan, terlebih jelang Lebaran nanti.

Sekretaris Dinkes Gunungkidul Priyanta Madya Satmaka mengatakan, untuk memilih makanan yang sehat harus dengan peran aktif masyarakat. “Masyarakat harus dapat memilih makanan yang sehat juga yang mana, kami sering memberi sosialisasi tentang makanan sehat. Kami tidak bisa memantau seluruh makanan yang ada di Gunungkidul untuk memastikan,” ucapnya Jumat (18/5/2018).

Advertisement

Ia mengatakan, untuk pemantauan makanan dimungkinkan pada saat menjelang Lebaran bersama-sama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) DIY, karena saat ini pihaknya juga sudah menerima surat untuk mengirimkan personel.

“Kami sudah mendapatkan surat dari BPOM untuk mengirimkan personel untuk ikut memantau kondisi peredaran bahan panganan di Gunungkidul, memang menjelang Lebaran akan kami lakukan nanti,” kata Priyanta.

Dikhawatirkan momen puasa atau menjelang lebaran dimanfaatkan pedagang nakal untuk mengelabuhi para pembeli, mematok harga makanan yang murah tetapi hampir mendekati tanggal kedaluwarsa .

“Biasanya dibuat parsel untuk mengelabuhi konsumen, karena tanggal kedaluwarsa tidak terlihat. Mungkin untuk beberapa masyarakat sudah dapat memilih, dikhawatirkan masyarakat yang hanya mencari harga murah itu nanti salah membeli,” ucapnya.

Ia mengatakan, untuk memantau makanan takjil atau jelang lebaran nanti akan mendorong puskesmas untuk berperan aktif membantu pengawasan makanan yang beredar di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hamas Minta Jusuf Kalla Bantu Mediasi Konflik Israel dengan Palestina

News
| Senin, 06 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement