Advertisement

Satpol PP Kulonprogo Kesulitan Tumpas Sumber Teri Berformalin

Beny Prasetya
Selasa, 29 Mei 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Satpol PP Kulonprogo Kesulitan Tumpas Sumber Teri Berformalin Sejumlah petugas memeriksa sejumlah produk bahan pangan dan obat di Pasar Brosot, Senin (21 - 5).Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Selama Ramadan, Pemkab Kulonprogo melalui Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas kelautan dan Perikanan (DKP) terus menggelar operasi pantauan pangan di sejumlah pasar tradisional dan menemukan ikan asin berformalin dan sejumlah bahan pangan kedaluwarsa yang masih beredar. Khusus untuk peredaran ikan asin berformalin, Satpol PP kesulitan menumpas sumber pemasok ikan asin.

Kesulitan tersebut terjadi lantaran pemasok berasal dari luar DIY. Hal tersebut didapat setelah petugas menggelar investigasi. “Dalam investasigasi, langkah pertama kami melapor ke Satpol PP DIY, kemudian dilanjutkan koordinasi dengan Satpol PP Jawa Tengah, dan selanjutnya berkoordinasi dengan daerah tertuju, yakni Kabupaten Purworejo,” kata Kasi Penyidikan dan Penindakan Satpol PP Kulonprogo, Qomarul Hadi, Selasa (29/5/2018).

Advertisement

Qomarul menyatakan, selama ini komunikasi dan koordinasi terus dilakukan agar tempat produksi teri berformalin dapat ditutup. “Kami melakukan penekanan pengawasan, walaupun dekat, wilayah Purworejo di luar kewenangan kami, itu ranah mereka,” katanya.

Kepala Satpol PP Kulonprogo, Sumiran, meminta kepada masyarakat agar lebih waspada saat membeli bahan pangan dengan cara melihat kembali produk makanan yang dibelinya. Ia meminta masyarakat untuk melihat tanggal kedaluwarsa dan izin produksi dan pemasaran. “Tidak hanya teri, kami mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan melihat kembali tanggal kedaluwarsa dan izin edar,” katanya. Dalam beberapa kali operasi yang digelar, petugas gabungan Pemkab Kulonprogo menemukan teri berformalin di tiga pasar berbeda, yakni Pasar Kokap, Brosot, dan Pasar Jombokan, Wates.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement