Advertisement

Merapi Meletus Lagi, Warga Sekitar Merapi Langsung Turun

Fahmi Ahmad Burhan
Jum'at, 01 Juni 2018 - 10:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Merapi Meletus Lagi, Warga Sekitar Merapi Langsung Turun Warga sekitar Merapi yang langsung mengungsi usai erupsi, Jumat (1/6/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Gunung Merapi kembali erupsi pada Jumat (1/6/2018). Letusan dengan durasi dua menit tersebut mengagetkan warga di sekitaran Gunung Merapi di beberapa tempat seperti Dusun Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, dan Srunen di Desa Glagaharjo.

Warga Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Cangkringan Tumbuk mengatakan dirinya tidak sempat melihat jam saat erupsi terjadi. "Suara gemuruh langsung terdengar, kencang sekali jedur," kata Tumbuk pada (1/6/2018).

Advertisement

Menurut Tumbuk, tidak ada perintah dari instansi terkait untuk turun menuju pengungsian, tetapi karena ketakutan, banyak warga yang turun untuk mengungsi.

"Langsung lari ada mobil yang digunakan untuk wisata langsung dipakai menuju tempat pengungsian," ujarnya.

Warga dari Dusun Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, dan Srunen turun menuju Balai Desa Glagaharjo. Sekitar 100 warga berkumpul di Balai Desa Glagaharjo untuk mengungsi, rata-rata daei mereka adalah lansia, ibu-ibu dan balita.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Joko Supriyanto mengatakan, status Gunung Merapi masih waspada, sedangkan warga belum direkomendasikan untuk mengungsi.

"Takut tidak apa-apa, asal jangan terlalu panik," katanya pada wartawan.

Joko mengatakan, warga tidak mengungsi pun tidak apa-apa. "Masih radius tiga km saja yang tidak boleh ada aktivitas, sementara kan rumah warga ada di lima km," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Jepang Gugat Pemerintah Soal Evek Samping Vaksin Covid-19

News
| Kamis, 18 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement