Advertisement

Arus Balik di Terminal Jombor Masih Tinggi

Irwan A Syambudi
Kamis, 21 Juni 2018 - 18:17 WIB
Nina Atmasari
Arus Balik di Terminal Jombor Masih Tinggi Terminal Jombor. - Harian Jogja/Fahmi Burhan Ahmad

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Aktivitas arus balik hingga H+6 Lebaran masih tampak di Terminal Jombor. Namun dari data yang ada jumlah keberangkatan penumpang masih jauh lebih tinggi dari jumlah kedatangan penumpang.

Kepala Seksi Pengelolaan Terminal, Dinas Perhubungan DIY, Yuniarti mengatakan berdasarkan data selama tiga hari terkahir yakni 18-20 Juni jumlah keberangkatan penumpang menggunakan bus antar kota antar propinsi (AKAP) masih sangat tinggi saat arus balik. Dan jumlah keberangkatan ini jauh lebih tinggi dibanding rata-rata keberangkatan penumpang pada arus mudik.

Tercatat rata-rata jumlah keberangkatan penumpang pada saat arus mudik berkisar 2.500 penumpang. Namun selama arus balik jumlah keberangkatan penumpang setiap harinya lebih dari 3.000 penumpang. "Untuk tanggal 20 Juni jumlah keberangkatan mencapai 3.142 penumpang," kata dia, Kamis (21/6/2018).

Sementara itu untuk jumlah kedatangan penumpang dari mulai arus mudik hingga arus balik, jumlahnya tidak berubah terlalu banyak. Rata-rata di Terminal Jombor hanya ada 600-800 penumpang yang datang.

Arus balik di Terminal Jombor diperkirakan paling tinggi terjadi di Selasa (19/6/2018). Namun, rata-rata arus kedatangan dan keberangkatan penumpang di Terminal Jombor relatif landai karena libur Lebaran yang panjang.

Salah seorang petugas di Terminal Jombor, Joko Untung mengatakan, mulai dari Senin (18/6/2018) sampai Selasa (19/6/2018) arus balik di Terminal Jombor mengalami peningkatan. "Namun diprediksi sampai Minggu (24/6/2018) arus balik akan landai, rata-rata sama seperti hari Selasa (19/6/2018)," kata dia.

Joko mengatakan saat arus balik, keberangkatan bus paling banyak menuju Jakarta. Berbeda dengan arus mudik, keberangkatan paling banyak menuju luar Pulau Jawa seperti Sumatra.

Menurutnya, arus balik akan terjadi sampai Minggu (24/6/2018), dan relatif jumlah kedatangan bus maupun keberangkatan bus sama atau landai dan tidak akan terjadi lonjakan di salah satu harinya. "Karena libur yang panjang juga, dan tiap harinya merata," jelas Joko.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement