Operasional Seluruh Jip Merapi Dihentikan Sementara

Lava tor Merapi - JIBI
23 Juni 2018 21:17 WIB Fahmi Ahmad Burhan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Usai kejadian kecelakaan jip Merapi yang membuat satu orang meninggal dunia Selasa (19/6/2018), pihak asosiasi menghentikan sementara operasi jip Merapi. Jip Merapi akan dilakukan uji kelaikan mulai dari Sabtu (23/6/2018), sedangkan jip yang tidak laik jalan akan dikandangkan.

Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Wilayah Barat Dardiri mengatakan hasil kesepakatan semua komunitas jip di Lereng Merapi, untuk sementara operasi jip Merapi dihentikan. "Kita menghormati himbauan dari Sultan agar jip Merapi dihentikan sementara sampai SOP ditaati," jelasnya pada Harianjogja.com, Sabtu (23/6/2018).

Dardiri mengatakan operasi dihentikan sementara mulai dari Sabtu (23/6/2018) sampai semua jip laik jalan. "Rencananya kita uji kelaikan sampai Senin (25/6/2018), nanti Selasa kalau memang sudah siap, jip Merapi beroperasi kembali," ujarnya.

Selama dihentikan operasinya, uji kelaikan akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan Sleman beserta Polres Sleman. Uji kelaikan meliputi pengecekan kondisi kendaraan secara teknis.

Sementara itu, menurut Dardiri, apabila ada jip yang tidak laik jalan akan langsung dikandangkan. "Harus dikandangkan, dan itu sudah disepakati oleh semua komunitas," jelasnya.