Sepekan Libur Lebaran, 18 Orang Terseret Ombak Pantai Selatan Gunungkidul

Salah satu Korban laka laut di Pantai Ngrumput, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, dinaikkan ke dalam ambulans, Senin (25/6/2018). - Istimewa
25 Juni 2018 15:20 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sepanjang libur Lebaran, tercatat ada 18 insiden yang terjadi di pantai selatan Gunungkidul. Bahkan satu di antara insiden itu merenggut satu nyawa pengunjung.

Koordinator Sar Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono menjelaskan rincian 18 kasus tersebut adalah 14 dialami laki-laki dan 3 perempuan. Karena itulah, kata dia, aspek keamanan saat berwisata di pantai selatan Gunungkidul masih jadi pekerjaan rumah banyak pihak.

"Satu kasus dialami laki-laki menyebabkan meninggal dunia, tapi itu bukan karena laka laut melainkan sakit," ujar dia, Senin (25/6/2018).

Adapun korban meninggal dunia adalah Marsono, 37, wisatawan asal Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Senin (18/6/2018) silam. Sementara untuk kasus terbaru menimpa seorang wisatawan di Pantai Ngrumput, Desa Banjarjo, Tanjungsari, Senin, pukul 08.15 WIB. “Beruntung korban masih bisa diselamatkan,” kata dia.

Sekretaris SAR Satlinmas Istimewa Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan sebelum kejadian, korban yakni Juki Endriawan, 24, warga Gunungwijil RT 04/RW 25 Karanganyar Jawa Tengah masih asyik bermain air. Namun mendadak Juki jatuh pingsan hingga terseret ombak sampai ke tengah laut.

"Melihat kejadian tersebut, petugas SAR langsung menolong korban," ujar Suris.
Dikarenakan medan yang cukup sulit untuk dilalui armada, tim evakuasi korban harus berjibaku jalan menyusuri perbukitan sejauh 1,5 kilometer. "Saat ini korban telah mendapatkan penanganan oleh tim medis," ucapnya.

Kecelakaan serupa sebelumnya juga menimpa seorang anak di Pantai Baron, Minggu (24/6/2018) siang. Kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 13.10 WIB saat korban sedang bermain air bersama teman-temannya.

Diketahui korban bernama Riksa Danuarta, 10, warga Dusun Sarang, Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. Saat itu menurut penuturan petugas SAR Satlinmas Istimewa Wilayah II Gunungkidul dia tengah bermain di area sungai Pantai Baron. Namun, saat berniat pindah ke tepian laut, tak berselang lama Riksa mengalami kejang-kejang.

Dari keterangan teman korban diketahui Juki memiliki riwayat penyakit ginjal. Adapun saat dilakukan evakuasi, kondisi semakin melemah sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. "Petugas memutuskan korban untuk dirujuk ke RSUD Wonosari," ucap dia.