Advertisement

Para Tokoh di Jogja Ramai-Ramai Didaftarkan Jadi Bacaleg

Abdul Hamied Razak
Rabu, 18 Juli 2018 - 07:37 WIB
Nina Atmasari
Para Tokoh di Jogja Ramai-Ramai Didaftarkan Jadi Bacaleg Kantor KPU DIY. - Harian Jogja/Abdul Hamied Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Baceleg yang diajukan partai peserta Pemilu 2019 tidak hanya diisi wajah baru. Latar belakang bacaleg juga beragam. Mulai dari politisi gaek, mantan birokrat, artis, politisi kutu loncat hingga caleg gagal juga ikut didaftarkan.

Dari Partai Nasdem sejumlah nama mengisi pencalegan di DPR RI. Ada sejumlah nama yang diajukan dari Dapil DIY. Mulai mantan Wakil Bupati Kulonprogo Mulyono, Mantan Calon Bupati Gunungkidul Benyamin Sudarmadi yang dulu pernah menjadi politisi Partai Hanura. Bahkan BRAy Nuraida atau Ida Joyokusumo (istri mendiang Joyokusumo) dan Ketua DPW Nasdem DIY Mbah Bardi juga dicalonkan.

Advertisement

Beberapa Politisi Gerinda seperti Dedhy Suharanaji Sukardi, Mantan Cawawali Jogja Achmad Fadli, R.Ay Rachel Saraswati anakĀ  budayawan WR Rendra dan R.Ay Sitoresmi Prabuningrat juga maju untuk DPRD DIY. Meski partai ini menasbihkan diri sebagai partai antimahar, namun masalah integritas caleg yang diajukan juga tidak diragukan.

"Ini demi program pemenangan satu dapil satu kursi. Kami kampanyekan politik antimahar sehingga tidak ada beban bagi caleg yang maju," kata Ketua Bapilu Partai Nasdem Jogja Dwi Candra Putra kepada Harianjogja.com, Selasa (17/7/2018).

Di partai Golkar, politisi gaek Gandung Pardiman maju menjadi caleg DPR RI. Sebelumnya Gandung sudah dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU DIY untuk maju sebagai calon Anggota DPD RI untuk dapil DIY.

Namun di detik-detik penutupan pendaftaran, Gandung memilih pamit untuk tidak melanjutkan proses pendaftaran. "Saya maju ke DPR RI karena desakan dari masyarakat," katanya.

Pengunduran diri Gandung dari calon Anggota DPD RI tersebut tidak lepas dari keluarnya Titik Soeharto dari Golkar yang berlabuh ke Partai Berkarya sehingga kans Gandung ke Senayan kian lebar. Selain Titik, untuk DPR RI Partai Berkarya juga mengajukan tujuh nama lainnya mulai tokoh lokal, tokoh wanita, purnawirawan hingga pengusaha.

"Figur Mbak Titiek kuat, selama menjadi anggota DPR RI dari dapil DIY sudah membuktikan keberpihakannya terhadap rakyat. Ini menjadi salah satu modal yang besar. Kami tinggal mengenalkan beliau bukan lagi dari Golkar tetapi bergabung di Berkarya," ujar Wakil Ketua Partai Berkarya DPW DIY Hariri.

Di Partai PAN anak pendiri PAN Amin Rais, Hanafi Rais juga dijagokan maju ke DPR RI bersama sejumlah bacaleg lainnya seperti artis Annisa Tri Hapsari, istri aktor Sultan Georgi. Adapun mantan Bupati Bantul Idham Samawi juga dijagokan maju ke DPR RI lewat PDI Perjuangan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

WhatsApp Bocor, Israel Dikabarkan Gunakan Data untuk Serang Rumah Warga Palestina

News
| Rabu, 24 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement