Advertisement

Ada Indikasi Bacaleg Mantan Koruptor di Gunungkidul, Ini Imbauan Panwaslu

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 19 Juli 2018 - 17:20 WIB
Arief Junianto
Ada Indikasi Bacaleg Mantan Koruptor di Gunungkidul, Ini Imbauan Panwaslu Ilustrasi Korupsi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul menemukan bakal calon legislatif (bacaleg) dari salah satu Partai politik (parpol) yang merupakan mantan narapidana kasus korupsi.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Gunungkidul Antok mengatakan sudah memberikan imbauan kepada KPU Gunungkidul untuk segera mengembalikan berkas bacaleg yang merupakan mantan napi korupsi ke parpol yang bersangkutan.

Advertisement

“Agar nantinya agar bisa diperbaiki atau diganti oleh Parpol, kemarin KPU Gunungkidul juga sudah minta informasi ke Pengadilan Negeri Wonosari. Apakah benar atau tidak, dan ternyata benar mantan Napi korupsi,” kata Antok, Kamis (19/7/2018).

Terkait dengan adanya satu nama caleg yang terdaftar dibeberapa Parpol Panwaslu juga sudah memberikan iimbauan agar KPU Gunungkidul mengundang partai yang bersangkutan agar segera diperbaiki. Ia mempersilakan parpol untuk mengundang caleg yang bersangkutan dan dipastikan caleg yang bersangkutan memilih akan ke partai mana.

“Soal dengan temuan lainnya, kami mohon KPU Gunungkidul mematuhi aturan yang ada utamanya PKPU No.20/2018 dalam melakukan tindakan dalam pendaftaran dan penelitian administrasi bacaleg,” kata Antok.

Komisioner KPU Gunungkidul, Bidang Hukum, Is Sumarsono mengatakan dalam proses verifikasi ini KPU Gunungkidul mencermati persyaratan masing-masing calon anggota legislatif, dan memang ada beberapa temuan yang harus diperbaiki parpol.

“Ada satu bacaleg yang memang terindikasi menjadi mantan narapidana korupsi, kami akan klarifikasi parpol Sesuai ketentuan, memang harus diganti. Karena jika tidak nanti sama saja akan kami coret,” kata Sumarsono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement