Kebakaran Hanguskan Rumah Milik Warga Gedangsari

Ilustrasi kebakaran. - Reuters
19 Agustus 2018 17:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Sebuah rumah milik salah satu warga Dusun Suruh, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari terbakar pada Minggu (19/8/2018). Bangunan serta barang berharga milik korban hangus tak tersisa.

Anggota TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Kusmiyanto mengatakan, peristiwa tersebut diketahui sekitar pukul 11.30 WIB oleh pemilik rumah, yakni Sugiyati, 37. Saat itu api sudah merembet hingga ke dinding.

Melihat peristiwa tersebut, Sugiyati lantas meminta pertolongan. Warga yang mendengar teriakan korban kemudian mendatangi lokasi untuk melakukan upaya pemadaman.

Namun upaya pemadaman tidaklah mudah, sebab api terus membesar lantaran tiupan angin yang saat itu berhembus kencang. Akibatnya rumah semi permanen tersebut ambruk rata dengan tanah.

"Beruntung tidak ada korban, sebab rumah dalam keadaan kosong, karena pemilik rumah sedang mencari anaknya di rumah tetangga," kata Kusmiyanto, Minggu.

Kusmiyanto menduga pemicu kebakaran dari percikan api yang bersumber dari tungku pemasak singkong. Saat itu tungku ditinggal korban.

Adapun dari keterangan korban melalui Kusmiyanto kerugian mencapai jutaan rupiah, meliputi surat tanah, perhiasan, perabotan rumah tangga, TV dan kulkas. "Seluruhnya hangus terbakar dan tak tersisa lagi," kata dia.