Advertisement

Warga Jepang Bangga Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI di dalam Gua Gunungkidul

Nina Atmasari
Selasa, 21 Agustus 2018 - 16:17 WIB
Nina Atmasari
Warga Jepang Bangga Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI di dalam Gua Gunungkidul organisasi pencinta alam Teknik Geologi UGM Magmagama mengadakan upacara bendera di Gua Gilap, Ponjong, Gunungkidul, Jumat (17/8/2018). - Ist/Dok Magmagama

Advertisement



Harianjogja.com, JOGJA- Memperingati Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan RI, organisasi pencinta alam Teknik Geologi UGM Magmagama mengadakan upacara bendera di Gua Gilap, Ponjong, Gunungkidul, Jumat (17/8/2018).

Kegiatan ini turut mendapat dukungan dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Anjani setempat. Upacara diikuti oleh 27 orang, termasuk tiga orang dari pokdarwis dan satu orang berasal dari Negara Jepang.

"I'm so happy, because it is my first time I entered the cave and then I participated in celebrating the flag ceremony on Indonesia's Independence Day [Saya senang sekali, karena ini pertama kali saya masuk ke dalam gua dan lalu ikut berpartisipasi memperingati hari kemerdekaan RI dengan upacara bendera]", kata Mitsuoka Takeru, peserta berkebangsaan Jepang tersebut.

Medan yang dilalui peserta tidak mudah, mereka harus melewati jalan berlumpur dan berpasir menyusuri sungai bawah tanah, hingga merangkak dan berenang. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat peserta dan petugas upacara untuk mengibarkan bendera pusaka Sang Merah Putih  di dalam gua.

Di dalam gua, juga dijumpai ornamen gua yang masih hidup berupa stalaktit, stalakmit, flowstone, goursdam, pilar, dan lainnya. Melalui kegiatan ini, diharapkan popularitas wisata gua di Gunungkidul dapat meningkat dan diberdayakan, khususnya Gua Gilap. (*)

Advertisement

Mitsuoka Takeru. /Ist-Magmagama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement