Advertisement

Bocah 14 Tahun di Sleman Jadi Begal, Todongkan Clurit ke Pengendara Motor

Irwan A Syambudi
Sabtu, 15 September 2018 - 19:17 WIB
Nina Atmasari
Bocah 14 Tahun di Sleman Jadi Begal, Todongkan Clurit ke Pengendara Motor Ilustrasi. - Reuters/Dylan Martinez

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Seorang remaja berusia 14 tahun menjadi pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas). Ia berperan sebagai eksekutor yang menodongkan clurit ke korbannya.

Remaja 14 tahun berinisial FDP, warga Pendowoharjo, Sleman dan Raka, 18, warga Seyegan, Sleman itu ditangkap bersama dengan rekannya Raka, 18, warga Seyegan, Sleman.

Advertisement

Keduanya ditangkap setelah melakukan aksi pencurian dengan kekerasan di Jalan Gito-Gati, tepatnya di depan Ruko Penen, Donoharjo, Ngaglik, pada Selasa (21/8/2018) lalu.

Kanit Reskrim Polsek Ngaglik, Iptu Budi Karyanto mengatakan kedua pelaku berbagi peran dalam melakukan aksi curas. Raka berperan sebagai joki. Sedangkan pelaku FDP adalah sebagai eksekutor yang merampas ponsel, jaket, dan helm, milik korban Adam Zuhra, 14, warga Sariharjo, Ngaglik.

"[Korban] tidak melawan karena diancam pakai clurit sama FDP. Dia bawa clurit sebagai eksekutor," kata Budi, Sabtu (15/9/2018).

Dalam beraksi, pelaku Raka yang menentukan target dan setelah itu meminta FDP beraksi. "Mereka milih-milih target, kalau anak-anak langsung dipepet dan diberhentikan," ujarnya.

Berdasarkan pengakuan kedua pelaku juga beraksi di Jalan Palagan, dan kawasan Seyegan. Namun di dua tempat tersebut keduanya tidak membuahkan hasil. Baru di Jalan Gito-Gati, keduanya berhasil menggasak barang-barang senilai Rp1,95 juta milik korbannya.

Lanjut Budi, meskipun FDP masih berusia anak-anak, ia tetap akan diproses secara hukum, sesuai dengan Undang-Undang nomor 11/2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Keduanya bakal dijerat pasal 365 KUHP tentang curas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement