Ke Mangunan Bantul, Jokowi Salat Jumat di Masjid Kecil

Presiden Joko Widodo menanti kehadiran Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Ibu Siti Hasmah dalam kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6/2018). - Antara/Puspa Perwitasari
28 September 2018 16:50 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri salat di Masjid Al-Falah, Dusun Mangunan, RT09, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Jumat (28/9/2018).

Jokowi tiba di Masjid Al-Falah sekitar pukul 12.40 WIB, saat azan Jumat berkumandang. Seusai mengambil air wudu, ia langsung menuju barisan paling depan atau tepat di barisan belakang tempat imam. Presiden diapit oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Usai salat Jumat, Presiden sempat menyapa sejumlah warga sekitar masjid yang berusaha untuk salaman sambil keluar dari masjid. Beberapa warga berusaha mendekat untuk berswafoto. Sekitar pukul 12.03 WIB, Jokowi langsung meninggalkan masjid menuju warung makan Mbok Sum yang tak jauh dari lokasi masjid.

Sementara itu Takmis Masjid Al-Falah Mangunan, Sochiban mengatakan tidak ada persiapan khusus dalam penyambutan Presiden di Masjid Al-Falah, melainkan hanya menambah tenda di bagian sayap kiri masjid dan tempat wudu portabel.

Pihaknya memang sempat diberitahu pihak kepresidenan pada Rabu lalu. Namun saat itu masih belum ada kepastian. Kepastian Jokowi Salat Jumat di Masjid Al-Falah baru dikabari pada Kamis (27/9/2018) sore. Pasukan Khusus Pengamanan Presiden (Paspampres) pun langsung melakukan sterilisasi area masjid sebanyak dua kali.

Meski ada sterilisasi beberapa saat sebelum salat Jumat namun jemaah tidak merasa terganggu. Jokowi Salat di barisan paling depan dengan mengenakan kemeja putih, celana hitam, dan peci hitam. "Sampingnya pak Sultan HB X," kata Sochiban.

Sementara penghotbah sekaligus imam dalam salat Jumat tersebut adalah kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Bantul Buchori Muslim. Dalam khotbahnya, Bushori menyampaikan pentingnya instroveksi diri, tidak membesar-besarkan kesalahan orang lain sementara kesalahan pribadi tidak diketahui.

Sochiban berharap adanya kunjungan presiden ke Masjid Al-Falah, masjid tersebut dapat meningkat dari sisi fasilitas. Masjid dengan kapasitas sekitar 200 jemaah itu hanya memiliki dua tempat wudu ukuran 2x2 meter persegi. Masjid tersebut merupakan salah satu masjid terdekat dengan kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan.