Advertisement

Properti Dirusak Gerombolan Bercadar, Disbud Bantul : Yang Terlibat Sedekah Laut Berbagai Agama

Ujang Hasanudin
Minggu, 14 Oktober 2018 - 08:50 WIB
Bhekti Suryani
Properti Dirusak Gerombolan Bercadar, Disbud Bantul : Yang Terlibat Sedekah Laut Berbagai Agama Ilustrasi sedekah laut - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Bantul, Sunarto saat dimintai konfirmasi terkait gagalnya pelaksanaan upacara sedekah laut di Pantai Baru akibat properti dirusak gerombolan bercadar, mengaku belum mengetahui detail kejadiannya.

Namun demikian, Sunarto mengatakan tradisi sedekah laut di Pantai Baru sudah lama dilaksanakan dengan cara sederhana. Baru tahun ini digelar besar-besaran yang melibatkan banyak pihak. Semua yang terlibat pun dari berbagai penganut agama.

Advertisement

Pihaknya tidak memfasilitasi dalam penganggaran acara tersebut, melainkan murni atas inisiatif masyarakat. Ia juga bingung jika acara sedekah laut dikaitkan dengan agama, "Memang harus duduk bersama baiknya bagaimana. Perlu ada sosialisasi dan penyadaran kepada semua pihak," kata Sunarto.

Sunarto sudah menghubungi langsung penyelenggara acara tersebut dan masyarakat sementara menerima bahwa upacara sedekah laut sementara tidak dilaksanakan untuk meredam suasana. Ia juga tidak ingin terlalu jauh mengomentari kejadian tersebut, "Kebetulan ini sedang pilurdes [pemilihan lurah desa]," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement