Dinpar DIY dan Bajingers Community Gelar Festival Gerobak Sapi

Festival Gerobak Sapi yang digelar di Lapangan Pokoh, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Sabtu (20/10 - 2018).Ist
24 Oktober 2018 21:15 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY bekerja sama dengan Bajingers Community menggelar Festival Gerobak Sapi di Lapangan Pokoh, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Sabtu-Minggu (20-21/10/2018). Acara tahunan yang sudah dilaksanakan enam kali ini diikuti sekitar 150 peserta.

"Yang membedakan festival tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah pada tahun ini balapan digelar dua putaran, tahun lalu hanya satu putaran," kata wakil ketua panitia festival, Bowo, saat ditemui Harian Jogja, Rabu (24/10/2018).

Ia mengatakan acara ini diselenggarakan sebagai ajang berkumpul dan memamerkan gerobak milik para peserta festival "Kami menyelenggarakan festival ini juga untuk melestarikan budaya," ucapnya.

Kepala Seksi Objek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata DIY, Wardoyo, mengatakan festival ini diadakan sebagai upaya Dinpar DIY untuk memberdayakan dan membangun kreativitas para pemilik gerobak sapi agar moda transportasi tradisional ini bisa menjadi salah satu daya tarik wisata, sekaligus untuk memberi informasi bahwa gerobak sapi sudah digunakan sejak dahulu sebagai moda transportasi. "Para peserta berasal dari seluruh daerah di DIY," kata Wardoyo, Rabu.

Ia menambahkan dengan diadakannya festival ini para pemilik gerobak sapi bisa bersemangat dan semakin kreatif dalam mendesain gerobak sebagai daya tarik wisata. "Acara ini digelar setiap tahun dan lokasinya akan berpindah-pindah sebagai cara promosi destinasi wisata di DIY yang dibalut dengan pergelaran budaya," ucapnya.