Advertisement

Stok Telur di Sleman Terjamin sampai Akhir Tahun

Fahmi Ahmad Burhan
Jum'at, 26 Oktober 2018 - 21:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Stok Telur di Sleman Terjamin sampai Akhir Tahun Aktivitas persiapan penjualan telur di salah satu distributor telur di Jalan Magelang, Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Jumat (26/10 - 2018).Harian Jogja/fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Untuk memastikan stok sembako aman, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) memantau ketersediaan di tingkat distributor, khususnya untuk komoditas telur ayam. Dari hasil pemantauan, stok telur ayam di Sleman aman sampai Desember dan harga tidak terlalu bergejolak.

Sekda Sleman sekaligus Ketua TPID Sleman, Sumadi, mengatakan jajarannya memastikan harga dan stok beberapa jenis sembako aman. Sebelumnya TPID Sleman sudah memastikan stok dan harga terjamin pada komoditas beras dan terigu.

Advertisement

Pada Jumat (26/10/2018), TPID memantau stok dan harga telur di salah satu distributor telur ayam yang berlokasi di Jalan Magelang, Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati. "Stok telur ayam aman hingga akhir Desember, kami berharap tidak ada gejolak harga di pasaran," ujar Sumadi, Jumat.

Harga telur di tingkat produsen yaitu Rp19.000 per kilogram. Namun menurut Sumadi ada kendala pada pakan ternak ayam yang membuat harga bisa bergejolak. "Persoalan harga bisa terganggu karena ketersediaan pakannya, terutama jagung yang harganya tidak begitu stabil. Harapannya harga pakan tidak terlalu tinggi," ujar Sumadi.

Produsen sekaligus distributor telur ayam Jogja Telur, Setyawan, mengatakan stok dan produksi telur di tempatnya mencukupi dan berlebih sampai akhir Desember. Per harinya perusahaannya bisa menjual telur hingga 10 ton.

"Harga telur sangat dipengaruhi harga pakan. Harga jagung harus terkendali dan harapannya pemerintah membantu peternak untuk menstabilisasi harga pakan," ujar Setyawan, Jumat. Menurutnya, harga pakan yang stabil berkisar di angka Rp5.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Palestina Kecam Veto AS Soal Keanggotaan Penuh di PBB

News
| Jum'at, 19 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement