Advertisement

Makin Berkembang, Kerajinan Kerai Sidomoyo Ditetapkan Menjadi Sentra Industri

Fahmi Ahmad Burhan
Kamis, 25 Oktober 2018 - 15:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Makin Berkembang, Kerajinan Kerai Sidomoyo Ditetapkan Menjadi Sentra Industri Sejumlah peserta Sekolah Perajin Bambu di Dusun Gentan, Desa Margoagung, Kecamatan Seyegan, mendengarkan pemaparan materi tentang kerajinan bambu, Kamis (12/4 - 2018).Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kerajinan kerai bambu di Dusun Ngrenak Kidul, Desa Sidomoyo, Kecamatan Godean dikukuhkan sebagai sentra industri. Pengukuhan dilakukan sebagai bentuk eksistensi wilayah Desa Sidomoyo sebagai sentra industri dan diharapkan akan mendapat kemudahan dalam memperoleh modal.

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Arip Pramana, mengatakan pengukuhan di Dusun Ngrenak Kidul merupakan langkah awal pengembangan 51 sentra industri di Sleman. "Pengukuhan ini merupakan titik tolak peningkatan kelembagaan dalam pemberdayaan ekonomi dan industri kecil," katanya, Rabu (24/10/2018).

Advertisement

Menurutnya, berbagai upaya dalam pengembangan industri kecil menengah (IKM) di Sleman dilakukan melalui pembinaan dan pelatihan industri yang memanfaatkan produk lokal. Selain itu dari segi pemasaran, Pemkab Sleman juga menggelar berbagai acara promosi. "Nanti akan ada petunjuk jalan dan papan nama masuk sentra, selain itu akan produk akan dipasarkan secara online maupun offline di di Rumah Kreatif Sleman," ujar Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, RR Mae Rusmi, Rabu.

Menurutnya, lingkup yang akan dikembangkan di sentra industri kerai bambu tersebut meliputi pengembangan teknologi tepat guna, pengembangan mutu produk, pendampingan, bimbingan teknis dan pemasaran. Selain itu dengan adanya fasilitas Rumah Kreatif Sleman, Mae mengatakan bisa menjadi wadah bagi IKM seperti di Ngrenak Kidul untuk ajang berkonsultasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement