Mobil Bak Terbuka Mengangkut Manusia Bakal Jadi Sasaran Razia Polisi Gunungkidul

Razia kendaraan. - Harian Jogja/Desi Suryanto
31 Oktober 2018 08:50 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Jajaran Satlantas Polres Gunungkidul menggelar Operasi Zebra 2018 mulai Selasa (30/10/2018) hingga Jumat (12/11/2018) mendatang. Selain kelengkapan kendaraan, operasi juga menyasar kendaraan tidak sesuai peruntukan. Salah satunya kendaraan bak terbuka untuk mengangkut penumpang.

Kepala Satlantas Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko mengatakan, Operasio Zebra 2018 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Operasi ini digelar untuk meningkatkan ketertiban berlalulintas sehingga angka kecelakaan dapat ditekan.

Menurut dia, dalam razia ada beberepa penindakan mulai dari klengkapan surat kendaraan bermotor, peakaian helm, tidak menggunakan sabuk keselamatan.

Razia juga menyasar pemakaian ponsel saat berkendara, melebihi batas kecematan maksimal, melawan arus hingga pengendara di bawah umur.
“Personel yang kita miliki akan kami siagakan selama pelaksanaan operasi zebra mulai 30 Oktober hingga 12 November mendatang,” kata Mega kepada wartawan, Selasa (30/10/2018).

Dia menjelaskan, untuk Operasi Zebra, petugas juga melakukan fokus terhadap kendaraan yang tidak sesuai peruntukan. Salah satunya, kendaraan bak terbuka untuk mengangkut penumpang.

Menurut Mega, kendaraan terbuka untuk mengangkut penumpang sangat rawan terjadi kecelakaan yang berakibat fatal. Oleh karenanya, masalah ini menjadi salah satu perhatian oleh jajaran satlantas. “Kita tidak ingin kejadian seperti di Ngawen [truk terguling menyebabkan lima orang meninggal dunia] terulang. Jadi, razia kendaraan tidak sesuai peruntukan menjadi salah satu fokus dalam operasi Zebra,” tuturnya.