Advertisement

Orang Tua Berperan Besar Tekan Anak Kecanduan Internet

Holy Kartika Nurwigati
Kamis, 22 November 2018 - 10:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Orang Tua Berperan Besar Tekan Anak Kecanduan Internet Perwakilan orang tua atau wali murid Olifant School berfoto bersama sesuai seminar mengenai kecanduan Internet di Laboratorium Bahasa Olifant High School (OHS), Rabu (21/11). - Ist./ Olifant School

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Teknologi informasi kian berkembang pesat dan semakin mudah diakses oleh seluruh kalangan, bahkan tidak hanya orang dewasa tetapi juga remaja dan anak-anak. Membahas tentang kecanduan Internet di seluruh level usia, Olifant School menggelar seminar dengan menggandeng Sahabat Orang Tua dan Anak (SOA) di Laboratorium Bahasa Olifant High School (OHS), Rabu (21/11).

Kegiatan School for Parents by Olifant School ini menghadirkan sejumlah narasumber konsultan pendidikan terhadap pencegahan perundungan serta sebagai pelatih bagi guru dan orang tua melalui Gordon Training International Australia, yakni Robert Pereira. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Olifant Pre School Yulian Ariance Lebe mengatakan Internet addiction merupakan kecanduan seseorang terhadap internet.

"Itu dapat dijumpai pada aktivitas penggunaan sosial media atau permainan game online," ujar Yulian dalam rilisnya.

Yulian memaparkan kebutuhan Internet dewasa ini tentu sangat besar. Seringkali banyak orang yang tidak mampu mengontrol seberapa besar dan seberapa sering seseorang perlu terus berhubungan dengan Internet.

Penggunaan Internet yang berlebihan dapat ditemukan dalam berbagai dampak yang ditimbulkan. Antara lain seseorang hanya berfokus pada apa yang disenangi. Memengaruhi hubungan sosial dalam perjumpaan individu secara langsung.

"Selain itu, selalu membandingkan diri sendiri dan orang lain, menghakimi orang lain, hingga kematian. Lalu bagaimana orang tua dapat berperan positif dalam menghadapi dampak negatif penggunaan Internet?" kata Yulian.

Misalnya, kata dia, orang tua dapat memberi masukan pada anak secara perlahan-lahan untuk membantu anak berpikir terkait bahaya penggunaan Internet secara berlebihan atau keliru. Dalam menggunakan Internet, sebaiknya orang tua memberikan batas penggunaan. Orang tua juga lebih fokus bersama anak saat sedang menemani mereka. Selain itu, peranan aktif orangtua tentu dapat membantu anak dalam menghadapi perkembangan dunia dengan kecanggihan teknologi.

"Orang tua juga dapat turut serta dalam memanfaatkan penggunaan Internet secara positif dan benar, agar akhirnya kehadiran Internet membawa dampak positif bagi kehidupan manusia dan sejak dini anak-anak dikenalkan dengan porsi penggunaan yang tepat," jelas Yulian.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buntut Kasus Leslar, KPI: Blacklist Pelaku KDRT dari Semua Program Siaran

News
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement