Advertisement

Pertama Kali Digelar, Matra Award 2018 Berikan Penghargaan Bagi Kriya Muda

Rahmat Jiwandono
Jum'at, 23 November 2018 - 10:30 WIB
Nina Atmasari
Pertama Kali Digelar, Matra Award 2018 Berikan Penghargaan Bagi Kriya Muda Sebanyak 12 finalis yang lolos ke tahap berikutnya untuk memperebutkan empat kategori lomba Matra Award 2018, Rabu (21/11/2018). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Matra Award 2018 adalah kompetisi kriya yang ditujukan bagi perupa muda untuk menjaring karya, bakat terbaik, dan melihat pencapaian-pencapaian-pencapaian estetik-artistik dalam perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia.

Pengertian kriya secara komprehensif bukan semata pada disiplin ilmu seni, Matra Award memungkinkan munculnya karya-karya seni dengan pendekatan konsep craftmanship yang kuat, serta kontekstual dengan dinamika sosial masyarakat.

Advertisement

Acara ini merupakan acara pertama penghargaan bagi para kriya muda. Sebanyak 32 orang telah lolos penjurian dari 130 karya seni yang sudah dikirimkan dari seluruh Indonesia. Acara digelar di Pendhapa Art Space, Tegal Krapyak, Panggungharjo, Sewon, Bantul pada Rabu (21/11/2018).

Ketua Pelaksana acara Matra Award 2018, Rosanto Bima Pratama mengatakan setelah terpilih 32 orang lalu akan disaring lagi menjadi 12 orang. Sebanyak 12 orang tersebut kemudian akan melakukan presentasi tentang karya mereka. Nantinya akan ada empat kategori yang bisa diperebutkan.

"Kategorinya adalah karya kriya terbaik, juara lokal konten, juara karya inovasi dan kreasi, dan juara karya favorit," kata dia.

Tema yang dilombakan adalah dimensi resonansi. Dimensi fisik sebuah karya seni tidak dapat dilepaskan dari konsep, pilihan material, dan proses pembuatan karya si seniman.

Tiga orang dewan juri Matra Award 2018 adalah Sudjud Dartanto, Satya Brahmantya, dan Dunadi. Para juri akan menilai karya dari kesesuaian tema, konsep karya, dan keunikannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement