Mobil Bak Terbuka Mengangkut Pakan dan Penumpang Celaka di Gunungkidul

Kondisi mobil bak terbuka mengalami kecelakaan terjadi di Jalan Jogja-Wonosari, tepatnya di Padukuhan Karangsari, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Jumat (23/11/2018). - Ist
23 November 2018 15:50 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Kecelakaan yang menimpa kendaraan bak terbuka kembali terjadi. Kali ini truk yang mengangkut pakan ternak dan dinaiki sejumlah orang, mengalami kecelakaan terjadi di Jalan Jogja-Wonosari, tepatnya di Padukuhan Karangsari, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Jumat (23/11/2018). Meski tidak ada korban meninggal, namun tujuh orang mengalami luka.

Panit Lantas Polsek Patuk, Ipda Juara menuturkan kecelakaan terjadi sekitar pukul 08.15 WIB. Kecelakaan tersebut bermula saat sepeda motor matik yang dikendarai warga Tawarsari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Arif Tyas Fitrianto,39, melaju dari arah Wonosari menuju Jogja.

Sesampai di lokasi kejadian, pengendara hendak mendahului truk yang tidak diketahui identitasnya, posisi pengendara motorpun sedikit melebar. Ia mengatakan pada saat bersamaan, dari arah berlawanan melaju truk. Jarak kedua kendaraan yang terlalu dekat menyebabkan keduanya bersenggolan.

“Pengendara motor terjatuh di jalan aspal. Pengemudi Truk yang datang dari arah berlawanan itu kan kaget, dia membanting stir ke kiri tapi malah masuk ke jurang sedalam dua meter,” kata Juara, Jumat (23/11/2018).

Dikatakannya truk yang jatuh ke jurang tersebut selain sopir, Wasiman dan dua orang di dalam kabin. Ada tiga orang lainnya berada di atas tumpukan pakan ternak turut menjadi korban luka.

Adapun identitas korban dalam kecelakaan tersebut yakni, pengendara sepeda motor yang mengalami patah tulang tangan. Kemudian lima orang lainnya yakni, Sarji,44, Ngajiko,44, Wasinggi,45, Sumar,61, dan Margono,50, mereka merupakan warga Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari.

“Untuk pengendara motor yang patah tulang dirujuk ke Rumah Sakit di Jogja, kemudian enam orang termasuk pengemudi truk dirawat di puskesmas,” katanya.

Saat ini pihak kepolisian masih mencari sebab pasti kecelakaan. Diketahui hari sebelumnya juga terjadi kecelakaan mobil bak terbuka di Jalan Ponjong-Tambakromo, tepatnya di Dusun Plataran, Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong, pada Kamis (22/11/2018), hingga menyebabkan satu orang tewas.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko mengatakan banyaknya korban kecelakaan yang melibatkan kendaraan dengan bak terbuka menjadi keprihatinan pihaknya. Selama ini, petugas kepolisian telah banyak melakukan sosialisasi bahkan sampai penindakan tegas agar bak terbuka tidak digunakan untuk mengangkut manusia.

“Kemarin waktu ops zebra juga sudah kami tilang, kedepan tilang akan terus kami lakukan kepada pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut orang,” tegas Mega.