Advertisement

Festival Kuliner Tradisional Digelar di Candi Prambanan

Yogi Anugrah
Minggu, 16 Desember 2018 - 05:50 WIB
Bhekti Suryani
Festival Kuliner Tradisional Digelar di Candi Prambanan Suasana lomba memasak soto Nusantara dalam acara Java Heritage Culinary, Sabtu (15/12/2018)./Harian Jogja - Yogi Anugrah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Java Promo, sebuah wadah kerja sama kabupaten/kota di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan DIY, yang aktif mempromosikan pariwisata, menggelar Java Heritage Culinary di Lapangan Sentono, Candi Prambanan, pada Sabtu (15/12/2018).

Pameran kuliner tradisional ini menghadirkan makanan khas dari 16 daerah di Jateng dan DIY sebagai anggota Java Promo. "Ini merupakan upaya Java Promo untuk memperkenalkan kuliner tradisional sebagai bagian dari mendukung industri pariwisata di Jateng dan DIY," ujar Koordinator Acara Java Heritage Culinary, Yetti Martanti, Sabtu.

Advertisement

Yetti menjelaskan tema kuliner tradisional dipilih karena saat ini tren wisatawan yang berkunjung ke DIY dan Jateng mulai senang dengan sesuatu yang otentik dan khas, salah satunya adalah kuliner.

"Saat ini, kuliner menjadi salah satu daya tarik wisata, dan kami ingin memunculkan potensi kuliner masing-masing daerah," ujarnya. Candi Prambanan dipilih sebagai tempat diadakannya kegiatan ini, dikarenakan berada di dua wilayah yang merupakan anggota dari Java Promo.

"Jadi semua harus bersinergi bersama untuk membangun pariwisata di DIY dan Jateng menjadi lebih baik dan lebih maju," ujar dia.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih mengatakan kegiatan seperti ini sangat penting untuk mendorong kemajuan pariwisata. Java Promo, katanya sangat bagus untuk menjadi wadah promosi bersama destinasi wisata yang berada di wilayah Jateng dan DIY.

"Apalagi di Sleman ini juga ada beberapa destinasi wisata yang juga berada di wilayah Jateng seperti Gunung Merapi, Candi Prambanan," katanya.

Ketua Sekretariat Bersama Java Promo, Sumadi mengatakan Java Heritage Culinary dilaksanakan di Candi Prambanan untuk menonjolkan nuansa alami dan sejuk. Java Promo, menurutnya juga sudah melakukan rangkaian acara promosi bersama beberapa waktu belakangan ini.

"Selain festival kuliner tradisional, hari ini [kemarin] juga ada lomba memasak soto Nusantara dan lomba latte art dengan juri yang sudah kompeten di bidangnya," katanya.

Adapun 16 daerah yang merupakan anggota Java Promo adalah Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Kulonporogo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Klaten, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Semarang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Bantul, dan Kota Jogja.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement