Alumni Harus Punya Kompetensi Sosial

Alumni PPG UNY saat pelepasan PPG SM3T Angkatan VI, Jumat (21/12/2018) di Rektorat UNY. - Ist/Humas UNY
21 Desember 2018 23:10 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Rektor UNY Sutrisna Wibawa mengharapkan setelah menempuh Program Profesi Guru (PPG) selama sebelas bulan, para lulusan tidak hanya terpaku pada bidang akademik atau pedagogik tetapi juga punya kompetensi sosial dan kepribadian.

"Hal ini merupakan sebuah keniscayaan dalam dunia guru," ujar Rektor dalam pelepasan PPG SM3T Angkatan VI, Jumat (21/12/2018) di Rektorat UNY.

Ia juga mengharapkan para lulusan terus mengembangkan ilmu yang diterima, karena di era ini, perkembangan ilmu sangat pesat. Saat ini, tingkat kelulusan PPG mencapai 77.7%.

“Bagi yang belum lulus masih ada kesempatan ujian ulang sebanyak empat kali pada 2019,” kata dia.

Rektor mengatakan ujian tersebut akan dilaksanakan pada 19-20 Januari, 11-12 Mei, 31 Agustus-1 September dan 23-24 November 2019 di 58 perguruan tinggi termasuk beberapa Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan.

Rektor minta agar pada Januari diadakan tutorial bagi peserta PPG SM3T yang akan ujian ulang di UNY sebagai pembekalan menghadapi tes.

Menurut koordinator program Suyud, peserta PPG SM3T angkatan VI diikuti oleh 287 peserta dari 16 program studi dan dimulai sejak Februari 2018.

“Kegiatan PPG di antaranya lokakarya dan program pengalaman lapangan” kata Suyud.

Program pengalaman lapangan dilaksanakan sejak Juli hingga November di 35 sekolah mitra. Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru dilaksanakan pada November di masing-masing sekolah mitra, sedangkan uji pengetahuan dilaksanakan awal Desember di Pusat Komputer UNY.

Salah seorang peserta PPG Inawati Nuryani dari prodi Pendidikan Biologi FMIPA UNY mengatakan setelah lulus PPG ini akan mencari pekerjaan sesuai kompetensinya.