Parkir Liar di Sleman Bermunculan saat Ada Event

Personel Dinas Perhubungan Kota Jogja disiagakan di Pos Jogobayan yang terletak di timur Stasiun Tugu Jogja, Jumat (8/06/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi
27 Desember 2018 14:50 WIB Fahmi Ahmad Burhan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman memperkirakan wilayah yang rawan adanya parkir liar yaitu kawasan yang menjadi tempat gelaran event.

Kepala UPT Parkir Dishub Sleman Gandung Suwarto mengatakan, saat libur Natal dan Tahun Baru akan muncul parkir-parkir liar karena berlangsung juga event dan adanya keramaian. "Biasanya ketika masuk liburan itu ada event, parkiran meluber bahkan sampai ke pekarangan warga," ujarnya pada Rabu (26/12/2018).

Ia mengatakan ketika parkir tersebut sudah masuk ke pekarangan warga, pengelolaannya sudah tidak berizin. Ia mengatakan di Sleman sendiri, ada 800an titik-titik parkir yang sudah berizin. Sementara sisanya pihaknya belum bisa mendata jumlah titik-titik parkir yang tidak berizin.

Ketika libur Natal dan Tahun Baru muncul event-event yang digelar oleh pengelola wisata. "Kadang [parkiran] ada yang disediakan oleh pengelola wisatanya, ada juga yang dikelola sama warga," katanya.

Sementara itu, di beberapa titik parkir, pengelola parkir sudah meningkatkan tarifnya dari sebelum libur Natal dan Tahun Baru. Di Taman Denggung dari yang sebelumnya tarif parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp3.000 untuk mobil menjadi Rp3.000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil.

"Ini kan karena di Taman Denggung ada Pasar Malam jadinya tarifnya naik," kata juru parkir di Taman Denggung, Adek pada Rabu (26/12/2018).