Advertisement

Dana Kelurahan Rp15,8 Miliar untuk Jogja Bakal Cair Maret

Sunartono
Rabu, 09 Januari 2019 - 07:50 WIB
Bhekti Suryani
Dana Kelurahan Rp15,8 Miliar untuk Jogja Bakal Cair Maret Ilustrasi dana atau anggaran. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dana kelurahan yang digelontorkan oleh pemerintah pusat kepada 45 kelurahan di Kota Jogja diperkirakan akan cair pada Maret 2019 mendatang karena saat ini masih dalam proses penyusunan petunjuk teknis penggunaan anggaran tersebut.

Sejumlah kelurahan di Kota Jogja telah menyiapkan sejumlah program dalam penggunaan dana kelurahan seperti membeli tabung apar atau alat pemadam kebakaran.

Advertisement

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto berharap adanya dana kelurahan bisa menambah kekuatan fiskal dari APBD untuk daerah. Pihaknya mendorong kepada Pemda DIY untuk melakukan penyelarasan anggaran dengan adanya tambahan dana kelurahan.

Harapannya dana kelurahan bersama dengan APBD menjadi pendorong penciptaan lapangan kerja, hingga peningkatan pendapatan masyarakat, apalagi pengangguran masih menjadi masalah di Kota Jogja.

Eko memastikan saat ini dana sebenarnya sudah ada di pusat hanya tinggal untuk mendetailkan proses pencairan sehingga paling tidak pada Maret 2019 kemungkinan bisa dicairkan.

DIY mendapatkan alokasi dana jenis ini sebanyak Rp15,8 miliar yang dibagi Rp352 juta setiap kelurahan.

"Dana kelurahan membawa harapan besar mampu menyelesaikan problem di Kota Jogja, terkait dengan kemiskinan dan pengangguran, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Jika ada program dan kegiatan, belanjanya harus di wilayah kelurahan," terangnya dalam monitoring persiapan penggunaan dana kelurahan di Kantor Kelurahan Suryatmajan Kota Jogja, Selasa (8/1/2019).

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY Maladi menambahkan, pihaknya bersama Komisi A DPRD DIY akan berkonsultasi ke Kemendagri untuk memperoleh kejelasan terkait teknis penggunaan dana kelurahan. Setelah mendapatkan gambaran lebih jelas dari pusat harapannya segera bisa ditindaklanjuti Gubernur DIY sebagai wakil pemerintah pusat terkait penggunaan dana.

"Untuk sementara tahun ini yang mendapatkan semua kelurahan di Kota Jogja dan satu Kelurahan Wates Kulonprogo. Memang kita harus sedikit ngoyak-oyak pusat, agar dana ini bisa segera dimanfaatkan kelurahan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement