Advertisement

Di Kulonprogo, Nominal Dana Desa Mencapai Rp90 Miliar

Fahmi Ahmad Burhan
Senin, 14 Januari 2019 - 20:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Di Kulonprogo, Nominal Dana Desa Mencapai Rp90 Miliar Ilustrasi - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 88 desa di Kulonprogo telah disiapkan dana desa sebesar Rp90 miliar dengan besaran uang yang akan diterima berbeda-beda. Kejelasan nominal per desa sejauh ini masih menunggu persetujuan Bupati Kulonprogo.

Kepala Seksi Keuangan dan Pendapatan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DPMD Dalduk dan KB) Kulonprogo Joko Susanto mengatakan anggaran tahun ini lebih banyak dibandingkan ketersediaan dana pada 2018.

Advertisement

“Tahun lalu sebesar Rp76 miliar. Untuk rincian besaran dana masing-masing desa masih di Bupati," ungkapnya kepada Harian Jogja, Senin (14/1/2019). Joko mengatakan pencairan dana desa di tahun ini menggunakan tiga tahap, sama dengan tahun lalu.

Tahap pertama sebesar 20% akan disalurkan paling cepat di Januari. Sebanyak 40% disalurkan lagi di tahap kedua paling cepat Maret. Terakhir tahap ketiga dengan besaran 40% dari total seluruh dana dan paling cepat pencairannya pada Juli.

Berdasarkan laporan terakhir, rata-rata serapan di tiap desa sebesar 80%. Anggaran yang tidak terserap tersebut akan masuk pada Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) tahun ini. Silpa di masing-masing desa dibatasi tidak boleh lebih dari 30% dari dana desa.

Ketika Silpa di tahun ini lebih dari 30% maka akan dikenakan sanksi berupa penundaan pencairan. Untung saja, rata-rata Silpa di tiap desa di Kulonprogo pada tahun ini kurang dari 25%. Di tahun lalu, peruntukan dana desa lebih banyak untuk infrastuktur sisanya untuk pemberdayaan masyarakat desa.

Kepala Desa Kaliagung, Kecamatan Sentolo, Suwito, mengungkapkan di tahun ini, dana desa di desanya direncakan untuk meningkatkan lagi dana pemberdayaan masyarakat, seperti pelatihan usaha pertanian, peningkatan kapasitas perangkat desa dan pengembangan desa siaga.

Di tahun lalu, Kaliagung menerima total Rp858 juta dana desa. Jumlah Silpa dari dana desa tahun lalu di Desa Kaliagung kurang dari 30% atau mencapai Rp55 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement