Advertisement

Maret, Pasar Sementara untuk Bakul Pasar Prawirotaman Bisa Ditempati

Uli Febriarni
Sabtu, 02 Februari 2019 - 11:25 WIB
Budi Cahyana
Maret, Pasar Sementara untuk Bakul Pasar Prawirotaman Bisa Ditempati Pasar Prawirotaman akan direhab agar lebih nyaman. - Harian Jogja/Rheisnayu Cyntara

Advertisement

Harianjogja,com, JOGJA—Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPU-PKP) Kota Jogja mengharapkan pasar sementara untuk pedagang Pasar Prawirotaman bisa ditempati pada Maret 2019. Pasar sementara sudah digarap mulai Senin (28/1/2019).

Kepala DPU PKP Kota Jogja Agus Tri Haryono menyebutkan pasar sementara dibangun di atas lahan seluas sekitar 5.000 meter persegi selama 45 hari masa kerja. Di atasnya, akan dibangun kios-kios dengan luas 3 x 3 meter, los 1 x 1,2 meter dan lapak 1 x 1,25 meter. Pasar sementara ini dibangun untuk memberikan rasa nyaman kepada 619 pedagang, meskipun mereka beraktivitas di lokasi yang tidak sempurna.

Advertisement

“Selama menempati pasar sementara, pedagang dikenakan retribusi sebesar 50 persen,” ujarnya, Jumat (1/2/2019).

Agus mengatakan, pagu anggaran pembangunan pasar sementara sebesar Rp1,4 miliar. Anggaran yang dibutuhkan cukup besar, mengingat pasar itu dipasangi konblok agar tidak becek. Jaringan air, saluran listrik, musala, tempat sampah hingga tempat parkir juga disediakan. Proyek ini diharapkan bisa membantu pedagang dan tidak menimbulkan masalah baru selama proses revitalisasi berlangsung.

Pasar Prawirotaman di Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, akan direvitalisasi Pemkot Jogja pada 2019 dengan dana sekitar Rp75 miliar. Pasar ini akan dibangun empat lantai dengan satu parkir bawah tanah. Rencananya bangunan pasar akan dilengkapi dengan coworking space. Agus menyatakan pasar yang berada di tepi Jk. Prangtritis ini kelak menjadi bangunan green building milik pemerintah kali pertama di Jogja.

“Pencahayaan yang ramah, lampu, keran air dilengkapi sensor otomatis dan sirkulasi air yang membuat air bisa dimanfaatkan kembali [daur ulang air],” ucapnya.

Lurah Brontokusuman Komaru Ma'arif mengharapkan Pasar Prawirotaman bukan hanya menjadi tempat bertemunya transaksi antara penjual dan pembeli, melainkan juga dapat menjadi ikon pariwisata di wilayah Brontokusuman sehingga bisa memberikan dampak positif bagi warga sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Vladimir Putin Kembali Maju dalam Pemilu Presiden Rusia Maret 2024

News
| Sabtu, 09 Desember 2023, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Cari Tempat Seru untuk Berkemah? Ini Rekomendasi Spot Camping di Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 06 Desember 2023, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement