Advertisement

Pelajar SMA Muha Jogja Raih Lima Besar Lomba Matematika Nasional

Sunartono
Selasa, 05 Februari 2019 - 12:37 WIB
Sunartono
Pelajar SMA Muha  Jogja Raih Lima Besar Lomba Matematika Nasional Ridzky Ramadhani kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 2 Kota Jogja (tengah) pemenang lima besar LMN 2019. - Ist/Humas SMA Muha.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Seorang pelajar asal Jogja masuk dalam lima besar Lomba Matematika Nasional (LMN) SMA/SMK/MA  se-Indonesia yang dihelat di Univesitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), pada Minggu (3/2/2019). Pelajar bernama Ridzky Ramadhani kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 2 (Muha) Kota Jogja itu bersaing dengan 216 pelajar SMA/SMAK/MA perwakilan seluruh Indonesia.

Ridzky Ramadhani menjelaskan, lomba matematika yang ia ikuti melalui beberapa tahapan, pada babak pertama mengerjakan 30 soal pilihan ganda dengan waktu 75 menit. Babak kedua satu soal diberi waktu enam menit dengan enam soal. Ia berhasil masuk dalam 15 besar dari ratusan peserta kemudian berhak mengikuti babak selanjutnya untuk dites kembali hingga mendapatkan juara harapan kedua atau berada di urutan kelima nasional.

Advertisement

“Tesnya pertama pilihan ganda dan kedua esai. Materinya ada logika matematika yang ini tidak masuk bahan mapel, tapi sering dijadikan materi lomba,” ungkapnya dalam rilisnya, Senin (4/2/2019).

Mengikuti lomba sebenarnya bukan hal yang asing bagi Ridzky, sejak masih SMP Al- Fath di Tangerang ia pernah juara dalam perlombaan serumpun. Pernah mendapatkan medali emas dalam Olimpicad 2018 mewakili DIY. Ia sendiri mulai menyukai Matematika sejak duduk di bangku kelas VI Sekolah Dasar. Uniknya ia sering lupa jika pelajaran hafalan dan kerap mengantuk jika harus berhadapan dengan pelajaran hafal menghafal.

“Kebetulan nggak ada belajar khusus, sudah siap jauh hari sebelumnya jadi saya belajar sendiri di perpustakaan, sama dipinjami buku Ujian Nasional dari guru, tetapi kalau materi ujian [khusus lomba matematika] nggak ada,” kata siswa kelahiran 8 Desember 2001 ini.

Fatma Taufiyanti, Humas SMA Muha Jogja mengakui Ridzky memiliki kemampuan lebih bidang Matematika dan Kimia. Dalam mendukung siswa untuk mendapatkan bekal yang cukup mengikuti olimiade ilmiah, pihaknya memberikan bimbingan dengan menghadirkan ahli dan mahasiswa yang sebelumnya pernah juara olimpiade.

“Kami mengundang pemateri dari luar, mantan juara OSN, dengan dasar-dasarnya dari pembimbing internal dalam hal ini guru setempat,” ucapnya.

Kepala SMA Muhammadiyah 2 Jogja Slamet Purwo menyatakan, sejak awal pihaknya berkomitmen memberikan wadah bagi siswa untuk berprestasi sesuai minatnya baik akademik dan nonakademik. Berbagai upaya telah dilakukan sekolah mulai dari mengundang mantan juara OSN hingga dosen sebagai pembimbing siswa. Saat ini pihaknya sedang mempersiapkan OSN tingkat Kota Jogja dengan sembilan bidang yang rencananya akan dihelat 27 Februari 2019 mendatang di SMA Muha Jogja.

“Pada OSN tingkat kota ini target kami meloloskan seluruh siswa. Kami per bidang  ada lima sampai enam siswa karena kami harus regenerasi kelas 10 dan 11,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement