Advertisement

20 Orang Diterjunkan untuk Merakit 7.000 Kotak Suara di KPU Jogja

Uli Febriarni
Kamis, 07 Februari 2019 - 16:37 WIB
Nina Atmasari
20 Orang Diterjunkan untuk Merakit 7.000 Kotak Suara di KPU Jogja Sejumlah pekerja merakit kotak suara di gudang KPU Kota Jogja di Banguntapan, Bantul, Rabu (6/2/2019). - Harian Jogja/ Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja mulai merakit logistik kotak suara Pemilihan Umum 2019, di Gudang Logistik KPU Kota Jogja, Banguntapan, Bantul, Rabu (6/2/2019).

Komisioner KPU Kota Jogja, Divisi Hukum, Erizal mengungkapkan, ada lebih dari 7.000 unit suara yang dirakit. Ditargetkan perakitan selesai dalam waktu sepekan ke depan, menggunakan tenaga 20 orang, dimulai sejak pagi pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Satu orang ditargetkan bisa melipat 30 kotak suara dalam satu hari. Kotak suara memiliki lebar 40 sentimeter dan tinggi 60 sentimeter.

Advertisement

"Kami masih menunggu logistik surat suara, formulir C1, stiker hologram. Belum ada jadwal pasti kedatangan logistik yang lain, diperkirakan energi terkuras saat pelipatan surat suara," kata dia, Rabu.

Setelah jadi dan disimpan dalam gudang, perlakuan kepada kotak suara ini adalah ditumpuk maksimal 10 kotak dalam satu tumpukan. Logistik Pemilu 2019 akan didistribusikan ke Tempat Pemungutan Suara satu hari sebelum pemungutan suara, setelah semuanya lengkap.

KPU Kota Jogja berencana menambah personel, bila dibutuhkan tambahan tenaga perakit kotak suara maupun menyiapkan logistik lainnya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Kota Jogja, Tri Agus Inharto menyatakan, kerawanan yang muncul dalam penggunaan kotak suara berbahan dupleks ini adalah bila gudang bocor dan ada tikus di gudang. Kendala lainnya, bila kotak suara berjamur, berlubang. Ia berharap gudang logistik aman dari bahaya korsleting jaringan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement