Sejumlah APILL di Jogja Bakal Diremajakan

Ilustrasi lampu lalu lintas. - Harian Jogja
07 Februari 2019 14:20 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja akan mengganti dan memperbaiki sejumlah lampu lalu lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) di sejumlah titik.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Jogja, Zandaru Budi mengatakan anggaran penggantian komponen APILL pada tahun ini, salah satunya akan digunakan untuk mengganti sensor dengan Sistem Kendali Lalu lintas Kendaraan atau Area Traffic Control System (ATCS). Titik lokasi APILL yang bakal diganti dengan ATCS adalah APILL di Simpang Empat Pingit. "Tahu sendiri, kalau lewat Simpang [Empat] Pingit, itu lama sekali [durasi lampu menyala merah]. Ada banyak keluhan dari masyarakat, jadi kami ganti pakai ATCS," kata dia, Kamis (7/2/2019).

Selain penggantian di Simpang Empat Pingit, Dishub juga merawat APILL di beberapa titik lain seperti di simpang Tegalturi, simpang Wirosaban, simpang Kusumanegara, simpang Demangan, simpang museum Darma Wiratama dan sejumlah titik jalan utama lain. Kegiatan perbaikan berkoordinasi pula dengan Dishub DIY lantaran di antara titik-titik tadi, terdapat ATCS milik Dishub DIY. "Usia APILL yang perlu diganti dan diperbarui komponennya, rata-rata berusia lima tahun," ujarnya.

Beberapa hal yang perlu diperbarui pada APILL tersebut, kata Zandaru, antara lain adalah sisi terang lampu dan keawetan baterai. Termasuk pula membersihkan coret-coretan dan stiker. Pembaruan dan upaya-upaya itu dilakukan agar pengendara dan pengguna jalan semakin nyaman saat berkendara dan melintas di jalanan Kota Jogja.

“Sesungguhnya pembersihan kami lakukan setiap hari. Apalagi sekarang ini, kami juga semakin disibukkan dengan gambar calon legislatif yang terpasang pada APILL dan rambu. Yang paling menjengkelkan itu tempelan stiker 'telat bulan'," ucap dia.

Selain pemeliharaan dan perawatan APILL, dilakukan juga pengadaan rambu, serta sarana dan prasarana lain. Untuk itu, Dishub Kota Jogja telah menganggarkan sebesar Rp3,6 miliar yang dialokasikan untuk mendukung sarana prasarana lalu lintas. “Kalau total anggaran yang berada di pos Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Jogja adalah Rp4,6 miliar,” ucap dia.