Advertisement

Sejumlah APILL di Jogja Bakal Diremajakan

Uli Febriarni
Kamis, 07 Februari 2019 - 14:20 WIB
Arief Junianto
Sejumlah APILL di Jogja Bakal Diremajakan Ilustrasi lampu lalu lintas. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja akan mengganti dan memperbaiki sejumlah lampu lalu lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) di sejumlah titik.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Jogja, Zandaru Budi mengatakan anggaran penggantian komponen APILL pada tahun ini, salah satunya akan digunakan untuk mengganti sensor dengan Sistem Kendali Lalu lintas Kendaraan atau Area Traffic Control System (ATCS). Titik lokasi APILL yang bakal diganti dengan ATCS adalah APILL di Simpang Empat Pingit. "Tahu sendiri, kalau lewat Simpang [Empat] Pingit, itu lama sekali [durasi lampu menyala merah]. Ada banyak keluhan dari masyarakat, jadi kami ganti pakai ATCS," kata dia, Kamis (7/2/2019).

Advertisement

Selain penggantian di Simpang Empat Pingit, Dishub juga merawat APILL di beberapa titik lain seperti di simpang Tegalturi, simpang Wirosaban, simpang Kusumanegara, simpang Demangan, simpang museum Darma Wiratama dan sejumlah titik jalan utama lain. Kegiatan perbaikan berkoordinasi pula dengan Dishub DIY lantaran di antara titik-titik tadi, terdapat ATCS milik Dishub DIY. "Usia APILL yang perlu diganti dan diperbarui komponennya, rata-rata berusia lima tahun," ujarnya.

Beberapa hal yang perlu diperbarui pada APILL tersebut, kata Zandaru, antara lain adalah sisi terang lampu dan keawetan baterai. Termasuk pula membersihkan coret-coretan dan stiker. Pembaruan dan upaya-upaya itu dilakukan agar pengendara dan pengguna jalan semakin nyaman saat berkendara dan melintas di jalanan Kota Jogja.

“Sesungguhnya pembersihan kami lakukan setiap hari. Apalagi sekarang ini, kami juga semakin disibukkan dengan gambar calon legislatif yang terpasang pada APILL dan rambu. Yang paling menjengkelkan itu tempelan stiker 'telat bulan'," ucap dia.

Selain pemeliharaan dan perawatan APILL, dilakukan juga pengadaan rambu, serta sarana dan prasarana lain. Untuk itu, Dishub Kota Jogja telah menganggarkan sebesar Rp3,6 miliar yang dialokasikan untuk mendukung sarana prasarana lalu lintas. “Kalau total anggaran yang berada di pos Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Jogja adalah Rp4,6 miliar,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement