Advertisement

Pemkab Wujudkan Gunungkidul Sehat dengan Jamban

Rahmat Jiwandono
Jum'at, 08 Februari 2019 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pemkab Wujudkan Gunungkidul Sehat dengan Jamban Ilustrasi pembangunan jamban warga. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul berupaya mewujudkan Gunungkidul sehat dengan membuat jamban. Tujuan supaya masyarakat tidak buang air besar secara sembarangan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Dewi Irawaty, mengatakan jajarannya mendeklarasikan setop buang air besar sembarangan (BABS). Namun hingga saat ini masih ada masyarakat yang BAB di sembarang tempat.

Advertisement

Menurutnya di beberapa wilayah di Gunungkidul masih ada jamban yang belum memakai jamban dengan bentuk leher angsa. Ke depan Pemkab akan membuat jamban leher angsa bagi warga yang jambannya belum sesuai standar. "Jamban dengan leher angsa termasuk dalam kategori jamban sehat," kata Dewi kepada Harian Jogja, Jumat (8/2/2019).

Dijelaskan Dewi saat ini masih banyak warga khususnya yang sudah lanjut usia (lansia) yang terbiasa buang air besar atau kecil sembarangan. Menurutnya, banyak lansia yang belum terbiasa untuk BAB di jamban.

Upaya yang dilakukan Dinkes agar mengajak masyarakat BAB di jamban yakni melalui program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Dalam pelaksanaannya puskesmas melakukan pendampingan, penyuluhan, dan pemicuan agar masyarakat tergerak untuk membangun jamban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement