Komunitas Ini Ajak Siswa Peduli Lingkungan

Ilustrasi. - Harian Jogja
10 Februari 2019 15:20 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Komunitas Econnect ajak siswa SD Taman Siswa Jetis untuk peduli lingkungan, lewat sejumlah rangkaian kegiatan. Lewat kegiatan itu, Econnect ingin mengajak anak-anak menjadikan kepedulian terhadap lingkungan sebagai gaya hidup.

Project Director Econnect, Ilma Fistannisa Zette menjelaskan SD Taman Siswa Jetis merupakan sekolah pertama yang menjadi sasaran Econnect. Kali ini yang jadi sasaran adalah siswa-siswa Kelas IV.

Melalui visi Education, Connection, Action yang diusung, Econnect menjalankan dua pogram, yaitu GreeNetizen dan Sekolah Sayang Sampah. GreeNetizen merupakan edukasi terkait dengan isu lingkungan melalui media sosial, sedangkan Sekolah Sayang Sampah merupakan program penanaman kesadaran dan pembiasaan pengelolaan sampah yang baik, didukung dengan kerja sama bank sampah yang dikelola masyarakat.

Program dimulai dengan pemberian materi dan pelatihan selama empat kali pertemuan kemudian dimonitor dan dievaluasi untuk menilai keberhasilan program.

"Hingga pertemuan keempat, sudah banyak siswa yang awalnya membeli minuman kemasan beralih membawa tumbler. Edukasi terkait sampah organik dilakukan dengan proses pembuatan pupuk cair menggunakan sampah sisa sayuran dan buah, air gula merah, air cucian beras dan MOL [mikro organisme lokal]," ujarnya, Sabtu (9/2/2019).

Econnect, kata dia, juga mengajak siswa memanfaatkan botol bekas sebagai menjadi media tanam vertikultur. Perlahan, secara bertahap, siswa sudah mulai bisa menerapkan ilmu yang telah diajarkan. Seperti memilah sampah dan mengumpulkan sampah tersebut, ke bank sampah yang sudah bekerja sama dengan Econnect yaitu Bank Sampah RW 09 Kelurahan Cokrodiningratan.

"Isu lingkungan tak pernah habis untuk dibahas, banyak orang menyuarakannya namun tak banyak yang menjadikan hal tersebut sebagai gaya hidup," ucapnya.