Advertisement

PENDAFTARAN SNMPTN: Penerapan Sistem Ganjil Genap Belum Efektif

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 15 Februari 2019 - 18:48 WIB
Laila Rochmatin
PENDAFTARAN SNMPTN: Penerapan Sistem Ganjil Genap Belum Efektif Ilustrasi. - Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perpanjangan waktu pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan memberlakukan pergantian berdasarkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) ganjil genap dinilai belum efektif.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan sistem SNMPTN menerapkan giliran untuk login berdasarkan NISN ganjil genap. Giliran NISN ganjil pada pukul 13.00 WIB-14.00 WIB, 15.00 WIB-16.00 WIB dan seterusnya. NISN genap mendapat giliran pukul 14.00 WIB-15.00 WIB, 16.00 WIB -17.00 WIB.
Guru Bimbingan Konseling SMAN 1 Tanjungsari, Gunungkidul, Supraptini mengatakan hingga Jumat (15/2/2019) sore masih ada siswa yang belum bisa menyelesaikan proses pendaftaran, karena permasalahan server.

“Ada yang lapor, belum juga bisa menyelesaikan, padahal sudah dibagi ganjil genap. Saya merasa server sibuk, tidak ada bedanya,” jelas Supraptini, kepada Harian Jogja, Jumat.

Dikatakan Supraptini, saat ini masih ada empat siswa yang belum dapat menyelesaikan proses pendaftaran dan saat ini masih terus mencoba mendaftar. Sekolah terus memberi pendampingan kepada siswa yang belum dapat menyelesaikan pendaftaran.

Hal senada juga diungkapkan Kepala SMA N 1 Pakem Kristya Mintarja. Ada siswa di sekolahnya yang belum dapat menyelesaikan pendaftaran, karena terkendala jaringan.

“Masih tujuh anak yang belum, masih ngadat servernya mungkin karena banyak yang login. Kebetulan yang genap juga belum bisa. Kami usahakan terus ini dan manfaatkan waktu yang ada,” ucapnya.

Meski begitu, menurut Kris, penggunaan sistem ganjil genap sedikit memperlancar proses pendaftaran. Dari yang sebelumnya 25 siswa yang belum bisa kini tersisa tujuh siswa yang belum mendaftar.

Diungkapkan Kris, kendala lain sebenarnya tidak ada, hanya masalah server. Sekolah akan mendampingi siswa sampai batas waktu terakhir.

“Kami usahakan mendampingi siswa yang belum bisa mendaftar. Sabtu besok libur. Kami akan tetap damping siswa. Kami siap 24 jam lah,” ucapnya.

Guru BK SMAN 3 Jogja Rien Marcella mengatakan masih ada beberapa siswa yang belum bisa finalisasi pendaftaran.  “Sudah mencoba login sesuai NISN genap ganjil belum juga sukses,” kata Rien.

Ditambahkan guru lain, Devy Estu Anna Putri, masih ada kendala. Siswa ada yang mencoba masuk web tetapi belum juga bisa. Pada pagi hari setidaknya masih ada 20 siswa yang belum bisa mendaftar.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement