Advertisement

Masyarakat Diajak Membangun Jiwa Wirausaha dengan Literasi

Ujang Hasanudin
Jum'at, 15 Februari 2019 - 23:08 WIB
Budi Cahyana
Masyarakat Diajak Membangun Jiwa Wirausaha dengan Literasi Kepala Bidang Pembinan dan Pengembangan Perpustakaan DPAD DIY, Juli Sugiarto saat mengisi materi dalam bedah buku di Balai Desa Srihardono, Pundong, Jumat (15/2/2019). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Puluhan warga Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul mengikuti diskusi dan bedah buku Menggeluti Dunia Wirausaha di balai desa setempat, Jumat (15/2/2019). Bedah buku yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY tersebut bagian dari kamanye gerakan literasi.

Melalui kegiatan itu, masyarakat diharapkan terbiasa mencari informasi melalui buku, termasuk soal menjadi wirausaha sukses. "Yang belum pernah membuka usaha nanti bisa dipelajari dari buku tersebut. Yang sudah punya usaha bisa belajar mengembangkan usahanya," kata Kepala Bidang Pembinan dan Pengembangan Perpustakaan DPAD DIY, Juli Sugiarto di sela-sela acara itu.

Advertisement

Seusai bedah buku, warga juga mendapat yang dibedah itu secara gratis. Juli mengatakan pihaknya sengaja mendekatkan buku kepada masyarakat agar buku tersebut tidak hanya dibaca oleh warga yang ikut bedah buku, namun juga keluarga atau saudaranya sehingga lebih banyak memberikan manfaat.

Kegiatan bedah buku di Desa Srihardono, Pundong, Bantul, ini merupakan yang kesepuluh kali nya digelar DPAD DIY dari total target 60 kali event bedah buku di kabupaten/kota se-DIY. Rangkaian kegiatan bedah buku untuk tahun ini sudah digelar sejak Januari lalu dan akan berakhir pada September mendatang. “Upaya jemput bola kegiatan pembudayaan membaca ini karena berdasarkan hasil survei budaya baca masih minim,” ucap Juli.

Karena itu DPAD DIY selain menyiapkan banyak koleksi buku melalui perputakaan pusat dan perpustakaan di desa-desa yang bisa diakses secara langsung maupun melalui telepon seluler juga mendekatkan buku dengan masyarakat. "Untuk menggugah masyarakat gemar membaca. Mengetahui bahwa buku banyak variannya termasuk buku menjadi wirausaha ini," ujar Juli.

Sekretaris Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY, Suwardi mendukung dengan adanya pembudayaan membaca melalui bedah buku tersebut. Terlebih narasumbernya juga menghadirkan pelaku usaha langsung dan perwakilan penulis. Sehingga kegiatan itu diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk berwirausaha.

Dia meminta agar tak hanya berhenti sampai bedah buku, namun perlu ada tindak lanjut, "Lembaga di tingkat desa, kecamatan, sampai kabupaten harus mendukung dan mendorong kegiatan wirausaha, apalagi di desa juga sudah ada anggaran yang bisa digunakan," kata Suwardi.

Selain Juli Sugiarto dan Suwardi, yang menjadi narasumber dalam bedah buku tersebut adalah Novita Budi Kurniati, salah satu pendamping Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) DIY, dan Aluh Peni Untari, pelaku usaha kuliner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement