Advertisement

Disdukcapil Coba Wujudkan Sadar Kependudukan

Fahmi Ahmad Burhan
Minggu, 17 Februari 2019 - 21:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Disdukcapil Coba Wujudkan Sadar Kependudukan Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo (empat dari kiri), meresmikan Rumah Data Kependudukan di Kampung KB Ngramang, Rabu (28/11/2018). - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo terus mengembangkan perjanjian kerja sama dengan berbagai pihak baik instansi pemerintahan maupun swasta guna mewujudkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Gisa).

Kepala Disdukcapil Kulonprogo Djulistyo mengungkapkan total di 2018 kantornya sudah mengembangkan kerja sama dengan 83 pihak. Rinciannya sebanyak 16 organisasi perangkat daerah (OPD), 45 desa, 21 puskesmas dan satu lembaga swasta dalam pemanfaatan data kependudukan.

Advertisement

Dalam pemanfaatan data kependudukan perlu ada perjanjian kerja sama sebagai bagian dari langkah menuju GISA. “Disdukcapil akan terus mengembangkan perjanjian kerja sama sehingga amanah agar data kependudukan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dapat terealisasi,” ujar Djulistyo, Jumat (15/2/2019).

Kepala Sub Bagian Data dan Informasi Kependudukan Sekretariat Daerah DIY Mudjiyono mengatakan dalam pemanfaatan data kependudukan tidak hanya untuk instansi pemerintah saja. Lembaga nonpemerintah bisa juga memanfaatkannya namun harus sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

Pemanfaatan data kependudukan diatur dalam Permendagri No.61/2015 tentang Persyaratan Ruang Lingkup dan Tata Cara Pemberian Hak Akses Serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Mudjiyono mengatakan baik lembaga pemerintah maupun non pemerintah bisa memanfaatkan data kependudukan salah satunya untuk kajian atau juga digunakan untuk pencocokan data. Namun penggunaan data itu juga harus melalui perjanjian kerja sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement