Advertisement

Polresta Jogja Tangkap Pemilik Kebun Ganja 1 Hektare

Abdul Hamied Razak
Selasa, 19 Februari 2019 - 01:57 WIB
Nina Atmasari
Polresta Jogja Tangkap Pemilik Kebun Ganja 1 Hektare

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Satuan ResNarkoba Polresta Jogja berhasil mengungkap kasus penanaman ganja di wilayah Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat. Dari wilayah ini sebanyak 1.083 batang tanaman ganja disita.

Kapolresta Jogja Kombespol Armaini menegaskan kepolisian akan terus menindak pengedar narkoba yang ada di wilayahnya, termasuk ganja. Hal itu dibuktikan dengan kegigihan polisi menangkap petani yang menanam tanaman ganja di wilayah Purwakarta Jawa Barat.

Advertisement

"Ganja ini termasuk beredar paling luas karena murah. Tidak lagi didatangkan dari Aceh. Buktinya bisa di tanam di Jawa," katanya usai konferensi pers, Senin (18/2/2019).

Pengungkapan kasus tersebut, lanjut Armaini merupakan pengembangan kasus tertangkapnya sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jogja yang kedapatan menggunakan ganja. Dari pengembangan tersebut, polisi berhasil menangkap tiga orang tersangka.

Ketiganya yakni Erwin selaku petani ganja dan Yohan pengedar, keduanya warga Purwakarta. Satu tersangka lainnya adalah Ari mahasiswa asal Tempel, Sleman.

Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto yang turut hadir dalam konferensi pers mengatakan, dari kasus tersebut polisi menyita 1.083 batang tanaman ganja, 196 paket ganja siap edar dan enam batang ganja kering yang siap dipaketkan.

"Ini keberhasilan polisi menyelamatkan generasi muda yang suka menyalahgunakan ganja. Rencananya, dua pekan lagi ganja-ganja ini akan kami musnahkan," kata Yulianto.

Atas perbuatan ketiga tersangka, polisi menyangkakan pasal 114 (1) Jo Pasal 111 (1) UU 35/2009 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda Rp10 miliar. Sementara untuk Erwin polisi menyangkakan pasal 114 (2) dengan ancaman hukuman maksimal penjara seumur hidup dan denda Rp13 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement