Advertisement

Kulonprogo Gandeng Purworejo Tangani Efek NYIA

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 13 Maret 2019 - 07:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kulonprogo Gandeng Purworejo Tangani Efek NYIA Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. - Ist/ Dok AP I

Advertisement

Harianjogja.com, WATES--Keberadaan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon berpotensi melahirkan mulitpalyer effect baik positif maupun negatif bagi Kulonprogo dan Purworejo, Jawa Tengah yang notabene merupakan wilayah paling dekat dengan bandara.

Hal itu menjadi alasan pemerintah Kabupaten Kulonprogo melakukan MoU atau kesepakatan tentang kerjasama bidang pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan serta kemananan dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah seiring adanya NYIA. Penandatanganan MoU ini dilangsungkan di Ruang Menoreh Pemkab Kulonprogo, Selasa (12/3/2019).

Advertisement

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo berharap lewat kesepakatan ini multiplayer efek dengan adanya bandara baik positif maupun negatif bisa ditangani kedua belah pihak. "Kita sudah kerjasama, seandainya ada masalah ketertiban sekitar bandara, nanti bisa berkoordinasi dengan Pemerintah Purworejo," ujarnya seusai acara, Selasa.

Untuk menunjang keamanan dan ketertiban, perjanjian kerjasama antara Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kulonprogo dengan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Purworejo turut dilangsungkan.

Bupati Purworejo Agus Bastian, menyampaikan selama ini kerjasama antara pemerintahannya dengan Pemkab Kulonprogo sudah terjalin cukup baik. Sinergis dalam berbagai bidang juga telah terwujud. Atas hal itu dia berharap kerjasama di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan ini dapat mengembangkan kerjasama di wilayah perbatasan.

Apalagi imbuhnya dengan adanya bandara NYIA akan membawa dampak yang signifikan bagi kedua daerah. "Karena tentunya bandara baru ini akan berefek secara ekonomi yang baik bagi Kulon Progo maupun Purworejo.” Kata Agus.

Selain berfokus kepada efek NYIA, tujuan dari kesepakan ini juga untuk mewujudkan keserasian dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan antar daerah. Upaya memanfaatkan dan mengoptimalkan pemeliharaan sumber daya alam maupun manusia serta mengantisipasi dan memecahkan permasalahan daerah secara terpadu juga digaungkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement