Advertisement

Hore, Pemkot Jogja Sediakan Wifi Gratis di Perkampungan

Uli Febriarni
Kamis, 14 Maret 2019 - 11:07 WIB
Sunartono
Hore, Pemkot Jogja Sediakan Wifi Gratis di Perkampungan Ilustrasi internet - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Kota Jogja menyediakan jaringan internet wireless fidelity (wifi) gratis kepada masyarakat. Layanan dimaksudkan untuk memberikan hak publik dalam mengakses informasi sekaligus mengoptimalkan potensi ekonomi yang ada.

Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian (Diskominfosan) Kota Jogja, Trihastono adanya wifi gratis diharapkan dapat mendukung digitalisasi layanan yang sedang dilakukan Pemkot saat ini. Ke depan, Pemkot akan memanfaatkan model-model pelayanan publik digital untuk memberikan kemudahan aspek waktu dan biaya bagi masyarakat.

Advertisement

"Adanya internet gratis di ruang publik menjadikan masyarakat bisa mengakses layanan publik Pemkot tanpa terkendala keterbatasan paket data," kata dia, Rabu (13/3/2019).

Ia menambahkan, Pemkot berharap pemanfaatan layanan wifi gratis dapat dioptimalkan, bukan sekedar untuk mencari informasi melalui media sosial. Tetapi juga harus dapat memberikan dorongan kepada masyarakat untuk memanfaatkan internet dalam aktivitas ekonomi. Selain itu, pelajar dan mahasiswa juga bisa memperkaya materi yang didapat di kelas dengan informasi dan referensi yang didapat dari internet.

Kepala Seksi Perangkat Keras dan Infrastruktur dan Telematika Diskominfosan Kota Jogja, Gede Wiranarada mengatakan, warga dapat mengakses internet secara gratis menggunakan Service Set Identifier (SSID) Free Hotspot. Pemkot Jogja yang saat ini sudah tersedia di lebih dari 100 titik di Kota Jogja. 'Free Hotspot Pemkot Yogyakarta' dapat diakses di seluruh kantor pemerintah, termasuk kantor kecamatan, kelurahan, puskesmas, serta beberapa Ruang Terbuka Hijau Publik dan Balai Warga.

Untuk dapat menggunakan fasilitas tersebut, masyarakat cukup memanfaatkan akun Jogja Smart Service (JSS) atau mendaftar menggunakan nomor telepon genggam untuk mendapatkan akun temporer yang berlaku selama sepekan.

Pemkot akan terus menambahkan titik akses wifi gratis di Kota Jogja. Pada tahun ini, sudah ada tujuh titik akses berbasis kampung, antara lain di berbasis kampung, yakni di Gedongkiwo, Mantrijeron, Tegalmulyo, Giwangan, Baciro, Pandeyan, dan Golo. Titik akses berbasis kampung ini akan ditambah kembali, sebanyak 45 titik akses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement