Dua Negara Serumpun Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Penandatangan kerja sama antara SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan Pejabat Pendidikan Daerah, Kuala Langat,Banting, Selangor, Malaysia, belum lama ini. - Harian Jogja/Istimewa
13 Maret 2019 17:27 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Membangun networking atau hubungan dengan orang lain dari berbagai kalangan merupakan prinsip umum yang di pegang oleh orang sukses. Kita sadar tidak bisa sukses mengandalkan diri sendiri, semakin banyak orang yang di kenal maka semakin banyak kesempatan yang kita miliki untuk belajar dalam mengembangkan prestasinya.

Demikian ditulis oleh Heriyanti dari SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. 

Membaca tulisan Prof. Imam Robandi di salah satu WAG IRo untuk sahabatnya dari Malaysia yang sedang berada di Jogja, this is a list for tomorrow evening, Sunday, mach 10, 2019, 18.30 PM, in MoU signing, ada 13 kepala sekolah yang akan hadir di Boutiqe Hotel Jogja, termasuk SMP muhammadiyah 3 yogyakarta.

Para kepala sekolah diminta mempersiapkan diri, untuk menemui dan menjalin kerjasama dengan Puan Maemunah binti Mustaffa selaku Pejabat Pendidikan Daerah Kuala Langkat, Banting Selangor Malaysia dan segera membuat dokumen MoU.

"Sampai di Hotel Boutiqe langsung di sambut oleh Puan Maemunah dan tim yang begitu ramah, langsung diajak dinner bergabung dengan 13 kepala sekolah dan delegasi Malaysia. Setelah ramah tamah, Opening Ceremony dilakukan pada pukul 19.30 WIB yang dipandu oleh bintang tamu dr.Fathia dengan apik, santai tapi tetap Formal," kata Heriyanti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Rabu (13/3/2019). 

Sambutan dari wakil 13 Kepala sekolah di sampaikan oleh Dr..Sri Lahir. Ia menyampaikan bahwa 13 sekolah ini akan belajar banyak pada sekolah-sekolah di Malaysia. Dimohon Puan Maemunah membantu memberikan informasi, kiat-kiat sukses dan berharap MoU bisa terus berjalan dan ada hasilnya.

Puan Maemunah binti Mustaffa mulai  menyampaikan tentang konsep pendidikan Selangor. Yang menarik, Dinas Pendidikan di Selangor memiliki empat sekolah negeri khusus orang pedalaman dan primitif,  pembelajaran menerapkan student centre, guru di Selangor didampingi para Expert dan Counselor untuk "curhat" masalah kesulitan- kesulitan dan psikologi supaya dalam pembelajaran kepada siswa akan tumbuh suasana belajar yang saling menghormati, penuh kasih sayang, dan membahagiakan. 

Selain itu, lama pendidikan di Selangor untuk SD 6 tahun, SMP 4 tahun, dan SMA 2 tahun. Mutu lulusan baik, jika proses pembelajaran berjalan baik.

Setelah sambutan, dilakukan penandatangan MoU  tentang Agreement of Partnership Between SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta - Pejabat Pendidikan Daerah, Kuala Langat,Banting, Selangor, Malaysia.  Semua antri menunggu giliran pembawa acara memanggil, karena setiap kepala sekolah diberi kesempatan memberikan cindera mata seperti buku, profil sekolah, dan cinderamata lainnya. Dengan sabar dan senyum ramah puan Maemunah melayani.