Advertisement

Penanganan Bencana, Anggota DPR RI Ini Sarankan DIY Segera Ajukan Proposal ke Pusat

Sunartono
Jum'at, 22 Maret 2019 - 10:47 WIB
Sunartono
Penanganan Bencana, Anggota DPR RI Ini Sarankan DIY Segera Ajukan Proposal ke Pusat Ilustrasi warga membersihkan longsoran. - Dok/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Anggota Komisi X DPR RI Esti Wijayanti menyarankan kepada Pemda DIY untuk segera mengajukan proposal ke Pemerintah Pusat dalam rangka antisipasi bencana. Mengingat beberapa titik lokasi bencana terjadi secara berulang setiap tahun sehingga harus segera dilakukan antisipasi.

Politikus PDIP ini mengatakan, salah satu titik bencana terdampak siklon savannah yaitu di Wunut, Sriharjo, Imogiri, Bantul yang sebenarnya peristiwa serupa juga terjadi pada tahun sebelumnya di lokasi yang sama. Namun setelah melakukan pengecekan di lokasi, ia melihat belum ada antisipasi maksimal yang dilakukan terutama untuk mencegah longsoran. Ia mengaku telah menyampaikan persoalan itu ke Pemda DIY setahun silam.  

Advertisement

“Kalau enggak segera ditangani mesti [bantaran sungai Oya di Dusun Wunut] nggogos lagi, ini saya tidak dalam rangka mengkritik [Pemda] lho, tetapi menegaskan bahwa peristiwa setahun lalu mestinya ditindaklanjuti karena kalau hujan deras pasti akan terjadi lebih parah,” katanya di Yogyakarta, Kamis (21/3/2019).

Sebagaimana diketahui ada empat RT di Dusun Wunut, Sriharjo, Imogiri, Bantul terisolasi karena jembatan terputus akibat dampak banjir yang menimpa sejumlah wilayah di DIY. BPBD Bantul mengupayakan pembangunan jembatan sementara di kawasan tersebut.

Esti mengatakan, jika daerah melalui APBD tidak memiliki anggaran yang cukup untuk melakukan perbaikan serta antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang, ia menyarankan DIY segera membuat proposal untuk diajukan ke pusat. “Ini nggak boleh ditunda, kalau APBD tidak cukup proposal ke atas [pemerintah pusat] harus segera,  karena jangan sampai terulang kembali. Setahun yang lalu sudah, sekarang lagi. Antisipasi harus dilakukan setidaknya dibangun bronjong,” ujarnya.

Namun Esti memuji kinerja BPBD seluruh wilayah DIY dalam menangani bencana banjir dan longsor. Prinsipnya, kata dia, pencegahan bencana itu butuh keterlibatan semua pihak di lingkungan pemerintahan. “Kalau BPBD sudah cukup bagus dalam penanganannya,” kata Esti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement