Dispar DIY Genjot Potensi Warungboto

Penampilan warga Warungboto dalam Gelar Potensi Wisata Religi dan Tradisi 2019, di RT 38 Warungboto, Minggu (24/3/2019). - Harian Jogja/Uli Febriarni
25 Maret 2019 20:12 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (Dispar DIY) terus mendorong pengembangan kampung-kampung wisata di Jogja. Salah satu yang mendapatkan dukungan penuh adalah Kampung Wisata Warungboto, Kecamatan Umbulharjo.

Melalui kegiatan Gelar Potensi Wisata Religi dan Tradisi 2019, Kampung Wisata Warungboto didorong untuk terus mengembangkan potensi yang ada di wilayah tersebut.

Ketua Kampung Wisata Warungboto (Warto) Purnomo menjelaskan kegiatan gelar potensi dilaksanakan sekaligus sebagai persiapan agenda rutin tahunan Merti Tuk Umbul setiap menjelang Ramadan. Acara itu dinilai sebagai bentuk dukungan Dispar DIY agar kampung wisata Warungboto semakin mengembangkan potensi wisata yang dimiliki. “Dengan begitu, kami bisa lebih siap menerima wisatawan yang datang berkunjung,” ucap dia di sela-sela kegiatan, Minggu (24/3/2019).

Menurut Purnomo, konsep acara berbentuk gelar potensi wisata religi dan tradisi, karena memang Kampung Wisata Warungboto mengusung konsep wisata religi. Padusan yang diambil menjadi inspirasi Merti Tuk Umbul, ikon atraksi wisata setempat adalah tradisi yang biasa dilakukan orang Jawa menjelang Ramadan.

Dia berharap lewat kegiatan itu, potensi kampung semakin terangkat dan menjadi barometer wisata reliji bagi orang dari luar, dengan mengakomodasi pula musik religi seperti hadrah, kasidah, dan samroh. "Di kampung kami, memang ada beberapa grup musik religi. Kami pentaskan mereka dalam Merti Tuk Umbul. Selain itu, ada juga kelompok kesenian gamelan, seni tari, mulai usia anak-anak hingga dewasa," ujar Purnomo.

Gelar potensi, kata dia, juga diharapkan bisa menumbuhkan semangat masyarakat untuk memiliki rasa memiliki terhadap kampung wisata. Pada Minggu malam, sejumlah kelompok seni yang unjuk penampilan, beberapa di antaranya tari rawon gedruk dari Sanggar Amongsiwi, kelompok musik Warto Ploes, hadrah Nurul Huda, kasidah Nurul Qalbi, samroh Sekar Kedaton.

Seperti diketahui, Kampung Wisata Warungboto terletak di Kelurahan Warungboto, Umbulharjo. Warungboto merupakan salah satu dari 17 kampung wisata yang ditemukan sejak 2013 lalu. Tak pelak, beragam kegiatan baik bernuansa seni dan budaya terus dilestarikan oleh warga.

Sekadar diketahui, situs Warungboto menjadi salah satu situs bernilai sejarah tinggi di DIY. Situs tersebut merupakan petilasan yang dibangun pada zaman pemerintahan Sultan HB 1 dan pembangunannya diteruskan pada masa pemerintahan Sultan HB II.

Untuk mendukung keberadaan situs-situs bersejarah agar lebih dikenal, warga juga membentuk komunitas sepeda wisata yang melibatkan para pemuda. Komunitas sepeda wisata ini dibentuk tujuannya untuk menyusuri potensi wisata yang ada di wilayah Umbulharjo secara umum. Hasil eksplorasi akan diupload di blog dan di share ke media sosial.