Advertisement

Begini Dahsyatnya Kobaran Api yang Membakar Rumah Warga Pengasih hingga Ludes

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 25 Maret 2019 - 10:47 WIB
Nina Atmasari
Begini Dahsyatnya Kobaran Api yang Membakar Rumah Warga Pengasih hingga Ludes Kondisi rumah di Dusun Gegunung, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih saat terbakar hebat pada Minggu (24/3/2019). - Ist/ Dok warga

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sebuah rumah di Dusun Gegunung, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih ludes terbakar pada Minggu (24/3/2019) dini hari. Meski tidak ada korban jiwa, peristiwa ini membuat pemilik rumah, Tukijan, 50, menderita kerugian materi hingga puluhan juta rupiah.

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo AKP Sujarwo mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 00.30 WIB. Diduga penyebabnya dari kompor gas yang lupa dimatikan sang pemilik rumah pasca digunakan untuk memasak.

Advertisement

Kealpaan itu membuat api berkobar dan menghanguskan rumah beserta seluruh isinya. Beruntung, enam anggota keluarga termasuk Tukijan yang saat kejadian tengah terlelap, segera bangun dan bisa menyelamatkan diri.

"Mereka sedang tidur, dan salah satu anggota keluarga terbangun, lihat ada api langsung berteriak minta tolong, lalu pada keluar menyelamatkan diri," ungkap Sujarwo, Minggu siang.

Salah satu personil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kulonprogo, Tugiyanto mengatakan proses pemadaman terkendala sulitnya medan. Sebanyak tiga armada pengangkut air bahkan sempat kesulitan mengakses lokasi kebakaran lantaran jalan yang sempit serta licin pasca diguyur hujan.

Kondisi tersebut membuat proses pemadaman api yang dilakukan 12 personil damkar, enam personel TRC (Tim Reaksi Cepat), relawan, BPBD Kulonprogo, gabungan TNI, Polisi serta warga setempat memakan waktu hingga enam jam. "Armada kesulitan mengakses lokasi karena medannya licin dan berlumpur, menjelang pagi baru bisa padam," ujarnya.

Akibat peristiwa ini, bangunan rumah yang didominasi material bambu dan kayu hangus, hingga rata dengan tanah. Adapun kerugian materi diperkirakan mencapai Rp46 juta, meliputi kerusakan bangunan, uang tunai pemilik rumah senilai Rp10 juta dan emas seberat 18 gram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Barbados Mengumumkan Mengakui Palestina Sebagai Sebuah Negara

News
| Sabtu, 20 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement